oleh

RB Leipzig vs Atletico: Mengadu Asa di Alvalade

LINGGAUPOS.CO.ID- Atletico Madrid sukses mengakhiri ajang domestik musim ini dengan satu tempatnya di Liga Champions musim depan. Mereka finis di posisi ketiga La Liga 2019–2020 yang berakhir pada 20 Juli lalu.Kendati demikian, bayangan pandemi belum bisa membuat mereka tidur nyenyak. Pada Sabtu (8/8), dua pemainnya yakni Angel Correa dan Sime Vrsaljko divonis positif corona. Beruntung, skuad yang lain masih fit.

Apalagi telah tiga pekan lamanya armada Diego Simione menjalani recovery yang menguntungkan bagi Atletico saat kembali berjuang di Liga Champions. Itulah kesempatan terakhir bagi Costa dkk untuk terus mencoba mengangkat sebuah trofi di pengujung musim ini.

Tentu ini sang entrenador Diego Simione tak ingin gagal lagi. Ini adalah perempat final Liga Champions yang kelima bagi Atletico dalam tujuh musim terakhir. Pekerjaan rumah terbesar Atletico melangkah ke semifinal diadang oleh wakil Jerman RB Leipzig di babak delapan besar dini hari nanti. (Siaran langsung SCTV/Champions TV 1 Pukul 02.00 WIB).

Baik Leipzig dan Atletico belum pernah bertemu sebelumnya. Namun, bagi Simione, laga nanti membuat mereka tetap tidak bisa santai saat melakoni duel Estadio Jose Alvalade, Lisbon tersebut.

Kemenangan Atletico Madrid atas juara bertahan Liverpool pada bulan Maret lalu merupakan kebahagiaan bagi Simione. Dirinya yakin pilar skuadnya seperti Joao Felix, Marcos Llorente, Jose Gimenez dan Jan Oblak mendorong Atletico untuk kembali menantang gelar puncak.

Kemenangan atas Liverpool tak lepas dari lini pertahanan mereka yang kuat. Di Laliga, rekor gol Atletico tak terlalu bagus. Mereka mencetak 51 gol dan hanya kebobolan 27 gol. Jumlah kebobolan skuad Los Rojiblancos di Laliga musim ini hanya kalah dari sang juara Real Madrid yang total kebobolan 25 kali saja.

Itulah yang membuat Liverpool mati kutu, dan harus menyerah 1-0 di babak 16 besar leg pertama di markas Atletico. Hingga pada akhirnya menang 4-2 dalam total agregat melawan Liverpool.

“Kami menutup musim ini dengan dengan baik dan kami tahu kami berada pada rekor yang sangat bagus tetapi Liga Champions adalah kompetisi yang berbeda,” kata bomber Atletico, Diego Costa pekan lalu.

Kemenangan atas Liverpool juga membuat gelandang Atletico, Koke, mempunyai kepercayaan diri tinggi. Baginya, ini adalah modal baik dan mampu meningkatkan mental mereka ke babak selanjutnya.

“Untuk meraih gelar juara Liga Champions hanya tinggal tiga kemenangan lagi.Dan saat ini tinggal bagaimana kami bisa mengontrol permainan dan emosi,” kata Koke dilansir dari AS.

Namun, Leipzig musim ini tak kalah konfiden karena lolos ke perempatfinal. Sama halnya dengan Atletico, Die Roten Bullen-julukan Leipzig- menutup kompetisi Bundesliga ini dengan finis di peringkat 3. Sisi lini serang skuad Julian Nagelsmann juga terbilang baik.

Kendati demikian, gelandang Leipzig, Kevin Kampl mewanti-wanti rekannnya untuk lebih banyak menghindari serangan balik Atletico. Itu belum ditambah solidnya pertahanan Atletico yang sudah dua kali clean sheet dalam tiga laga terakhir di ajang Liga Champions.

”Atletico Madrid punya pengalaman hebat baik di babak grup hingga final Liga Champions. Mereka bisa melakukan semuanya baik saat bertahan atau menyerang,” paparnya.

Timo Werner, Marcel Sabitzer, dan Emil Forsberg masing-masing sudah mencetak empat gol untuk Leipzig di Liga Champions musim ini. Sayang, tenaga Werner tidak dibutuhkan lagi. Pasalnya, striker 24 tahun Jerman itu sudah pindah ke Chelsea per 1 Juli.(*)

Rekomendasi Berita