oleh

Ratusan Warga Binaan Bakal Dapat Remisi

MUSI RAWAS – Setidaknya ada ratusan warga binaan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Narkotika Klas II A Muara Beliti, yang akan dapat remisi pada hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus mendatang. Pasalnya, saat ini saja sudah ada 55 orang warga binaan yang diajukan untuk dapat remisi atau pengurangan hukuman, karena telah memenuhi syarat yang sudah ditetapkan, yakni sudah menjalani hukuman diatas 6 bulan.

Hal ini disampaikan Kepala Lapas Narkotika Kelas II A Lubuklinggau, Suyatna melalui Kasi Binadik, Triana Agustin, Minggu (28/7).

Ia menjelaskan, bagi warga binaan yang pada tahun sebelumnya sudah pernah dapat remisi, dipastikan kembali dapat remisi. Asalkan yang bersangkutan tidak melakukan perbuatan tercela, atau melanggar Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di negara Indonesia.

Adapun rincian persyaratannya tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu enam bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dengan predikat baik.

Telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan, remisi tidak diberikan bagi napi dan anak didik yang sedang menjalani cuti menjelang bebas dan dijatuhi kurungan sebagai pengganti pidana denda.

Melampirkan fotokopi kutipan putusan hakim dan berita acara pelaksanaan putusan pengadilan, melampirkan surat keterangan tidak sedang menjalani kurungan pengganti pidana denda dari Kepala Lapas.

Selanjutnya, melampirkan surat keterangan tidak sedang menjalani cuti menjelang bebas dari Kepala Lapas, melampirkan salinan register dari Kalapas, melampirkan salinan daftar perubahan dari Kalapas.

Khusus untuk napi tindak pidana terorisme, narkotika dan prekursor narkotika, psikotropika, korupsi, kejahatan HAM yang berat, kejahatan transnasional, dan kejahatan terhadap keamanan negara.

Harus melampirkan, surat keterangan bersedia bekerja sama untuk membantu membongkar tindak pidana yang dilakukannya yang ditetapkan oleh instansi penegak hukum.

“Jumlah total penghuni Lapas saat ini sejumlah 779 orang, 695 orang narapidana dan 84 orang masih berstatus tahanan,” katanya. (aku)

Rekomendasi Berita