oleh

Ratusan Tahanan Berikan Hak Suara

MESKI masih menjalani masa hukuman, para penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang tetap punya hak memberikan suara untuk memilih pemimpin pada Pilgub dan Pilkada Empat Lawang yang berlangsung, Rabu (27/6).

Hal inilah yang dilakukan ratusan penghuni Rutan untuk berpartisipasi dalam Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumsel dan Pemilihan Kepada Daerah Kabupaten Empat Lawang, dengan penjagaan ketat para Petugas Rutan dan Polisi.

Pantauan di lokasi prosesi pencoblosan di Rutan Tebing Tinggi tersebut, tampak para penghuni (Tahanan, red) cukup berantusias menyambangi lokasi TPS yang disediakan di dalam Lapas, sebanyak 162 orang nara pidana mengikuti antrean menuju bilik suara yang ketika satu persatu di panggil petugas PPS setelah menyerahkan kartu undangan pemilihan ataupun KTP-EL milik mereka.

“Alhamdulillah, pagi ini kita lakukan prosesi pemiihan Pilgub dan Pilkada yang dilakukan para Napi dan Tahanan Rutan Tebing Tinggi ini,” ujar Kepala Rutan Tebing Tinggi, Yudi, Rabu (27/6).

Di ungkapkan Yudi 189 orang penghuni yang ada di Rutan dibawah kepemimpinannya ini terdapat 27 orang Napi tidak dapat ikut berpartisipatif dalam pencoblosan dikarenakan ada yang tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk dan bukan merupakan penduduk yang beralamatkan di ‘Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati’ ini.

“Dari Jumlah 162 orang ini terdiri dari 133 yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan sebanyak 29 orang pimilih Tambahan,” ungkapnya.

Selama proses pencoblosan di dalam Rutan Tebing Tinggi tidak ada kendala apapun yang terjadi, baik prosesi jalannya para Napi melakukan pencoblosan, Petugas TPS di lokasi, maupun prosesi penjagaan pengamanan terhadap penghuni Rutan yang tengah berpartispatif dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

“Semua berjalan lancar, tidak ada satu kendala apapun saat prosesi pencoblosan yang dilakukan para penghuni Rutan kita hingga usai jalannya perhitungan suara,” jelasnya. (10)

Rekomendasi Berita