oleh

Ratusan Perempuan Ajukan Gugat Cerai

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Hingga akhir April 2018 ini, Pengadilan Agama Curup menerima 270 berkas gugat cerai dari masyarakat di dua kabupaten. Khususnya dari Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang.

Dari 270 ajuan gugat cerai yang masuk, mayoritas usia masih produktif. Kebanyakan yang mengajukan gugat cerai berasal dari perempuan.

Kepala Pengadilan Agama Curup, Ahmad Nasohah menyebutkan, dari 270 ajuan gugat cerai yang masuk 134 kasus diantaranya sudah diputuskan.

“Ada 270 usulan yang masuk dan 134 diantaranya sudah diputuskan, kalangan yang menggugat cerai didominasi kalangan wanita dengan usia masih produktif,” kata Ahmad Nasohah, Minggu (29/4).

Menurut dia, beberapa faktor yang menyebabkan dilakukan usulan gugat cerai. Diantaranya faktor ekonomi, perselisihan secara terus menerus, dan adanya pihak ketiga. Dijelaskan, dari 270 ajuan gugat cerai masuk berada di dua wilayah, yakni Rejang Lebong dan Kepahiang.

Disisi lain, kata Ahmad Nasohah, selain menangani permasalahan perceraian, Pengadilan Agama saat ini juga memiliki kewenangan dalam hal pengangkatan anak, mengatur ekonomi syariah yang terkait dengan perbankan syariah, bisnis syariah, koperasi.

Meski belum banyak yang mengetahuinya, pihaknya terus melakukan sosialisasi soal kewenangan pengalian agama yang untuk memberikan pelayanan pada masyarakat. (09)

Rekomendasi Berita