oleh

Ratusan Pelajar Berjuang Masuk SMKN 1

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG – 679 Alumni SMP/MTs sederajat mengikuti ujian tertulis untuk menjadi siswa baru SMKN 1 Lubuklinggau, Sabtu (30/6). Kepala SMK Negeri 1 Lubuklinggau, Puguh Purnomo melalui Waka Kesiswaan, Anzali mengatakan jumlah calon siswa baru SMK Negeri 1 tahun ini membludak.

“Ada 28 lokal yang kita siapkan untuk ratusan calon siswa baru ini mengikuti ujian tes tertulis. Setiap calon siswa mengerjakan 100 soal terdiri dari mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA,” katanya.

Untuk daya tampungnya, lanjut Anzali, SMK Negeri 1 hanya akan menerima 12 Rombongan Belajar (Rombel), satu Rombel maksimal kapasitasnya 36 siswa. Rinciannya, 4 Rombel jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), 2 Rombel untuk siswa jurusan Bisnis Online dan Pemasaran (BOP), 2 Rombel untuk siswa Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, 2 Rombel untuk jurusan Multemedia dan 2 Rombel untuk siswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata.

“Kuota penerimaan PPDB Jalur reguler ini SMK Negeri 1 akan menerima sebanyak sisa dari kuota keseluruhan yang sudah dikurangi 10 persen dari kuota penerimaan PPDB Jalur PMPA dan siswa kelas 10 yang tidak naik kelas,” jelasnya.

Anzali menerangkan, seleksi reguler ini melalui pembobotan mata pelajaran UN dan nilai tes bakat minat dengan perhitungan 20 persen rata-rata nilai UN plus 10 persen rata-rata nilai USBN ditambah 70 persen nilai tes bakat minat hari ini. Sedangkan bobot setiap mata pelajaran dengan ketentuan bahasa Indonesia bobot nilai 1, bahasa Inggris bobot nilai 3, Matematika bobot nilai 4 dan IPA bobot nilai 3.

“Hasil perkalian mata pelajaran ujian nasional dengan bobot mata pelajaran, digunakan untuk menetapkan daya tampung PPDB yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel berdasarkan ranking,” ungkapnya.

“Saya berharap pelaksanaan PPDB tahun ini benar-benar berjalan dengan sebagaimana mestinya dan sesuai aturan yang ada. Dan SMK Negeri 1 akan benar-benar mendapatkan input siswa yang benar-benar berkualitas,” ujarnya.

Anzali juga menambahkan untuk pengumuman PPDB jalur reguler SMK Negeri 1 Lubuklinggau akan diumumkan pada Jumat (7/7) pukul 19.00 WIB secara online melalui Website PPDB SMKN 1 Lubuklinggau. (AE02)

Rekomendasi Berita