oleh

Ratusan Massa Geruduk Kantor Panwaslu

LAHAT – Ratusan massa mengelar demo di kantor Panwaslu Lahat, Rabu (27/6) malam. Ratusan massa ini mengruduk Panwaslu Lahat, terkait adanya dugaan money politik yang dilakukan salah satu paslon calon Bupati dan wakil Bupati Lahat.

Beberapa laporan telah dibuat ke Gakkumdu Lahat. Untuk itu massa menuntut agar kasus dugaan money politik bisa diusut tuntas.

Koordinator Aksi, Ayeng menegaskan, aksi ini tidak membawa nama paslon manapun, tapi meminta keadilan kepada Panwaslu atas hasil pilkada Lahat.

Dikatakanya, banyak terjadi money politic dan pihaknya memiliki bukti atas pelanggaran tersebut.

“Kami tidak bisa menerima hasil dari pilkada, dimana, banyak sekali bukti-bukti mengarahkan ke paslon dimaksud, dan meminta pilkada ulang,” tukasnya.

Sementara, Polres Lahat, AKBP Roby Karya Adi, SIK melalui Humas Polres Lahat Ipda Sabar T menyampaikan menghadapi masa dirinya langsung berkoordinasi dengan satuan yang ada dengan menyiapkan Brimob 1 pleton, dan sabhara Polda Sumsel.

Hingga berita ini dimuat, massa terus berupaya merengsek masuk ke kantor panwaslu Lahat.

Massa sendiri sudah berhadap hadapan dengan anggota Polisi. Informasi yang beredar, satu anggota Polres Lahat mengalami luka diduga akibat lemparan.

Sementara Ketua Panwaslu Lahat Sepsata Andrian membenarkan adanya laporan dugaan money politik dari salah satu paslon.

Namun pihaknya masih melakukan pemeriksaan awal dan akan menggelar rapat pleno, apakah kasus tersebut akan dilanjutkan ke tahap penyelidikan dan penyidikan.

“Saat ini masih pemeriksaan awal. Dugaannya dari hasil laporan warga yang menerima amplop. Namun akan kita klarifikasi dahulu,” ujar, Sepsata Andrian.

Sementara, hasil pilkada Lahat hasil quick count versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA, hingga pukul 17.00 WIB dengan 80,00% persen data yang sudah masuk, Rabu (27/6).

Paslon Bupati dan Wabup Lahat, Cik Ujang SH – H Haryanto SE MM (Cahaya), menang dalam Pilkada Lahat.

Pasangan Nomor Urut 3 itu berhasil meraih 43 persen suara. Menyusul pasangan Nopran Marjani-Herliansyah: 21,80 persen. Berada di posisi ketiga, pasangan Bursah Zarnubi-Parhan Berza: 21,62 persen.

Sedangkan pasangan Purnawarman Kias-Rozi Adiansyah: 7,38 persen. Berada di juru kunci pasangan Hapit Padli-Erlansyah Rumsyah: 5,41 persen.

“Ini kemenangan rakyat Kabupaten Lahat,” tegas Cik Ujang, didampingi Haryanto, saat menggelar konprensi pers, di posko pemenang Cahaya.

Cik Ujang juga mengklaim, hasil hitungan cepat yang dilakukan tim pemenangnya, Cahaya juga jauh unggul dari rival-rivalnya. Meski suara masuk baru 21 persen dari DPT 291.990 pemilih, pasangan ini telah unggul 42,7 persen. (Net)

Rekomendasi Berita