oleh

Ratusan Anak Uswatun Hasanah Latihan Manasik Haji

Tingkatkan Kecerdasan Spiritual Anak

LEMBAGA Pendidikan Uswatun Hasanah sukses menggelar rangkaian kegiatan latihan manasik haji. Kegiatan berlangsung di halaman Kantor Camat Lubuklinggau Barat II diikuti 300 anak didik Kelompok Bermain (KB), TK, PAUD dan SD Terpadu Uswatun Hasanah dan Taman Kanak-kanak lainnya, Senin (20/8).

Latihan Manasik Haji yang bertemakan ‘Membangun Karakter yang Beriman dan Bertaqwa Sejak Usia Dini’ ini, dibuka secara resmi oleh Camat Lubuklinggau Barat II, Hj Zainona. Dihadiri Pimpinan Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah Ustadz Ahmad Fikry, lurah dari delapan kelurahan, Kepala TK Uswatun Hasanah Neli Yusnaini, perwakilan Dandim, perwakilan KUA Lubuklinggau Barat II, staf Kecamatan Lubuklinggau Barat II, tamu undangan beserta seluruh guru dan para orang tua wali yang turut mengikuti latihan manasik haji.

Camat Lubuklinggau Barat II, Hj Zainona mengatakan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apa yang telah dilakukan Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah dalam mendidik anak dan menanamkan nilai-nilai keagamaan kepada anak-anak usia dini generasi penerus bangsa ini.

Zainona berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya oleh anak-anak, agar tidak lupa ketika sudah dewasa nantinya dan berkeinginan untuk menunaikan Rukun Islam ke-5 ini.

“Sangat apresiasi kepada Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah yang telah menggelar Latihan Manasik Haji ini. Saya berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan kami pihak kecamatan akan sangat senang dan terus mendukung dalam pelaksanaannya di halaman kantor ini,” ungkapnya.

Dan saya berharap, lanjutnya, semoga kegiatan ini bisa terus dilaksanakan dan Uswatun Hasanah dapat terus mencetak generasi muda penerus bangsa yang cerdas, beriman dan bertaqwa ini.

Ustad Ahmad Fikri mengatakan manasik haji ini adalah kegiatan rutin dari pembelajaran yang ada di Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah dalam rangka meningkatkan kecerdasan spiritual anak sejak dini. Karena selain kecerdasan emosional dan intelektual, anak juga harus dibekali dengan kecerdasan spiritual.

“Latihan manasik haji ini pun akan rutin kita laksanakan, agar mereka nantinya dapat hafal betul dengan pelaksanaan ibadah haji dan mereka akan bercita-cita untuk menyempurnakan Rukun Islam, dengan melaksanakan Rukun Islam ke-5,” katanya.

Fikry berharap dengan kegiatan ini anak didik bisa mengerti bagaimana cara melaksanakan rukun haji yang benar hingga menjadi bekal di hari tua. Kemudian para orang tua yang hadir yang belum melaksanakan ibadah haji bisa memahami bagaimana proses pelaksanaannya, dan nantinya dapat melakukan haji atau umrah.

“Terima kasih kepada Ibu Camat Lubuklinggau Barat II beserta jajarannya yang telah memberikan dukungannya kepada kami sehingga terselenggaranya kegiatan ini. Dan saya juga berharap doa serta dukungan dari semua masyarakat untuk Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah, karena Uswatun Hasanah merupakan aset negara, bangsa dan umat,” harapnya.

Latihan manasik haji ini juga didukung oleh KBIH Armina pimpinan H Amrullah dan dibimbing langsung oleh Ustadz Rozali dan rekan.

Kegiatan berlangsung lancar dan dalam keadaan tidak panas, anak-anak dan para orang tua wali sangat antusias mengikuti pelaksanaan Manasik haji, hal ini dapat dilihat dari pakaian ihram serba putih yang dikenakan, dan ketertiban anak-anak saat menyelesaikan tahap demi tahap kegiatan manasik haji, seperti mendengar khotbah di Arafah, Thawaf mengelilingi Kakbah dan Hajar Aswad, Sa’i, Lempar Jumrah dan lainnya.

Selain peserta didik dari Lembaga Pendidikan Uswatun Hasanah yang terdiri dari jenjang SD 91 anak, jenjang TK 128 anak dan KB 18 anak. Beberapa TK lain juga ikut dalam kegiatan ini, diantaranya TK Imam Syafii 17 anak, Tk Rabaniyah 26 anak dan TK Islamic 20 anak. (AE02)

Rekomendasi Berita