oleh

Raperda Wajib Lapor CSR Diminta Jadi Prioritas

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), Alamsyah A Manan mengharapkan agar Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang wajib lapor Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi prioritas. Dengan adanya Raperda ini, kontribusi perusahaan untuk masyarakat lebih nyata.

Selama ini diakui politisi Partai Demokrat ini, kontribusi perusahaan melalui dana CSR sudah dilakukan oleh beberapa perusahaan. Namun tidak bisa dirasakan sepenuhnya, oleh masyarakat.

“Karena kebanyakan, bantuan yang diberikan berupa bus sekolah. Ya kita akui membantu, namun tidak seluruhnya merasakan. Dengan Raperda wajib lapor CSR, kita berharap kontribusi mereka lebih nyata. Misalkan berupa pembangunan jalan, atau jembatan yang sudah rusak,” tegasnya.

Selain itu, dengan Raperda ini kewajiban perusahaan bisa lebih terarah.

“Karena mereka memiliki kewajiban melapor. Sehingga Pemkab Mura dan kita (DPRD, red) lebih gampang mengawasi. Apakah masih ada perusahaan yang tidak memberikan kontribusinya, kepada masyarakat di sekitarnya,” ungkap Alamsyah.

Ketua Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Mura, Supandi menegaskan Raperda Wajib Lapor CSR yang merupakan Raperda inisiatif DPRD ini memang diharapkan menjadi prioritas mereka untuk dibahas.

“Alasannya karena hanya kita yang belum memiliki Raperda ini. Dan sama, diharapkan dengan diterapkannya Raperda ini, kontribusi perusahaan lebih nyata dirasakan oleh masyarakat,” tegas Supandi. (13)

Rekomendasi Berita