oleh

Rapat Paripurna Istimewa HUT Muratara ke-5 Berlangsung Khidmat

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Muratara yang ke-5 tahun, Senin (11/6) berlangsung khidmat dan sukses.

Rapat dimulai pukul 10.40 WIB diselenggarakan di Gedung Paripurna DPRD Kabupaten Muratara dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Muratara Efriansyah, Bupati dan Wakil Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat dan H Devi Suhartoni, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) baik Kapolres Musi Rawas AKBP Bayu Dewantoro, Dandim 0406 MLM Letkol Kav Dodi Syamsurizal, Perwakilan Kejari, Perwakilan Pengadilan Agama, Kepala Kantor Kemenag Muratara dan kepala daerah tetangga. Seperti Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan, Plt Walikota Lubuklinggau H Riki Junaidi,Walikota Jambi, Wabup Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Merangin Jambi, Kabupaten OKI, Kabupaten OKU, Kabupaten Muara Enim.

Tidak lupa pula, anggota DPRD Provinsi Sumsel yakni, Hasbi Asadiki, Sri Hernalini, A Bastarie, Aslam Mahrom, H Solehan, Gani Subit tidak lupa pula tokoh pemuda Sumsel yang merupakan mantan Ketua DPRD Provinsi Sumsel, H Giri Ramanda Kiemas.

Sebelum dimulainya rapat paripurna istimewa, dilakukan lantunan ayat-ayat Alquran oleh santri-santriwati yang mendapat di beasiswa tahfirz quran dari Pemkab Muratara di Madura, Jawa Timur dan Provinsi Sumatera Barat.

Ketua DPRD Kabupaten Muratara, Efriansyah dalam memimpin rapat paripurna istimewa membacakan sejarah singkat lahirnya DOB Kabupaten Muratara.

“Hari ini merupakan puncak momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Muratara di mana sudah dimulai sejak tahun 1960 lalu,” kata Efriansyah.

Dalam sambutannya Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengungkapkan apresiasi atas kehadiran Gubernur Provinsi Sumsel, H Alex Noerdin.

Kendati baru berusia lima tahun, Pemkab Muratara terus berupaya menjadikan Kabupaten Muratara agar maju dan berkembang. Sebagaimana prestasi dan penghargaan yang diterima Pemkab Muratara.

“Berbagai penghargaan yang diterima Kabupaten Muratara, Seperti DOB terbaik di Indonesia bagian Barat, Sekolah model, KSB, hasil pertanian yang surplus hingga 4 ribu ton dan terakhir pencapaian dalam pengelolaan keuangan, berupa opini WTP dari BPK RI,” ungkapnya.

Dalam acara itu, Pemkab Muratara mengangkat tema ‘Dengan Semangat Peringatan Hari Jadi ke -5 Kabupaten Muratara, Kita Wujudkan Kerja Bersama, Nyata, Berkualitas dan Transparan menuju Muratara Bangkit.

“Peringatan HUT ini juga, diharapkan menjadi pemacu semangat kita, untuk juga berpartisipasi menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di dan Asian Games XVIII di Sumsel,” tegas HM Syarif Hidayat.

Gubernur Provinsi Sumsel, H Alex Noerdin menyampaikan rasa bangga atas prestasi dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Muratara, padahal masih berumur lima tahun.

“Tentunya pencapaian yang luar biasa, di mana dengan waktu yang singkat sudah mendapatkan berbagai penghargaan, bahkan terbaru mendapatkan opini WTP, artinya sudah melakukan pengelolaan keuangan dengan benar,” kata Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin.

Kabupaten Muratara, memiliki SDA yang luar biasa, begitu juga di bidang pertanian tidak kalah hebatnya. Tapi untuk membangun Muratara agar sejajar dengan kabupaten lainnya, tidak cukup kalau hanya mengandalkan APBD murni tapi harus ditopang dengan dana induk atau pusat. Dan juga fresh money dari luar yakni dari para investor berupa hilirisasi.

“Untuk membangun daerah tidak akan kuat bila hanya mengandalkan APBD, tapi harus ada fresh money dan dana induk,” pesan dia.

Setelah rapat paripurna istimewa, Gubernur Provinsi Sumsel, H Alex Noerdin menandatangani prasasti pembangunan mess serba guna untuk asrama Suku Anak Dalam (SAD).

Berlanjut menyampaikan sosialisasi Asian Games XVIII tahun 2018 kepada seluruh Kades dan camat di wilayah Kabupaten Muratara di Aula Siti Rahma RM Sederhana, Kelurahan Muara Rupit. (12)

Rekomendasi Berita