oleh

Rangkaian HUT RI ke-73 di Muratara, Lancar

RANGKAIAN peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Mura) berlangsung lancar. Rangkaian mulai dari pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan, upacara hingga ziarah nasional.

Pengukuhan Paskibraka berlangsung Rabu (15/8), Rapat Paripurna Istimewa DPRD Muratara mendengarkan pidato kenegaraan berlangsung di ruang paripurna gedung DPRD Muratara, Kamis (16/8).  Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemedekaan RI di halaman kantor Bupati Muratara, Jumat (17/8) bertindak selaku inspektur upacara Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat.  Setelah upacara, ziarah ke Makam Pahlawan Tri Satria Bakti di Kelurahan Surulangun, Kecamatan Rawas Ulu bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua DPRD Muratara, Efriansyah.

Bupati Syarif Hidayat mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Muratara menghayati makna kemerdekaan dan berupaya mewujudkan cita-cita para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan RI.

“Dulu para founding fathers berjuang kemerdekaan Indonesia dari penjajah, dengan mengorbankan, harta bahkan nyawa. Maka dari itu kita harus menghayati dan meneruskan cita-cita perjuangan mereka dengan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI,” kata HM Syarif Hidayat.

Tugas generasi saat ini mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang. Khususnya di Kabupaten Muratara sebagaimana visi misi Pemkab Muratara, mewujudkan Kabupaten Muratara yang Aman, Makmur, Cerdas dan Bermartabat.

Bupati Muratara juga mengungkapkan rasa syukur dan bangga, karena pada HUT RI ke-73 ini Pemkab Muratara, menerima dua penghargaan yakni Penghargaan Lencana Melati oleh Presiden RI, Joko Widodo pada HUT Pramuka ke-57, Selasa (14/8) dan penghargaan kedua dari Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) pada South Sumatera Investment Forum (SSIF) di Palembang, Kamis (15/8).

“Kita bangga bahwa masyarakat yang berurusan dengan perizinan dilayani dengan baik cepat, lancar dan mudah. Kita ucapkan terima kasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait koordinasi yang telah membawa nama baik Kabupaten Muratara. Namun kendati mendapat prestasi terbaik I, DPMPTSP tetap tingkatkan kinerja dalam pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Muratara, Efriansyah selain mengajak seluruh masyarakat Muratara untuk meningkatkan tali persatuan dan kesatuan, dengan menjaga keamanan, ketertiban sehingga Muratara lebih maju lagi kedepannya.

Mengingat tahun ini memasuki tahun politik dalam hal Pemilihan Umum, untuk itu dirinya berpesan agar masyarakat jangan terprovokasi oleh hal-hal yang bersifat menimbulkan konflik.

“Dalam hal Pemilu silakan memilih calon presiden masing-masing dengan tetap menjaga kondusifitas dan keamanan sehingga dapat berjalan dengan lancar tanpa permasalahan,” harap Efriansyah.

Hadiri pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemedekaan RI,  Dandim 0406 MLM Letkol Kav Dodi Syamsurizal, Kapolres Mura AKBP Bayu Dewantoro, Kasi Pidsus Kejari Lubuklinggau Naimullah, Drs Muchlis yang diwakili oleh Panitra Drs Lukmanto, Kepala Kantor Kementrian Agama H Ikhsan Baijuri, Ketua dan anggota KPUD Muratara, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muratara.

Sementara bertindak selaku petugas upacara, pembawa baki penaikan bendera, Ella Santi dan
Pembawa baki penurunan bendera, Monica. Sedangkan pengibar bendera, Muammar Ghazali, Penggeret bendera, Egi Nasrobi dan Pengatur tali bendera, M Gilang Apriansyah.(12)

Rekomendasi Berita