oleh

Ramadan, Ibu-ibu Majelis Taklim Muara Rupit Target 3 Kali Khatam Al-Quran

LINGGAUPOS.CO.ID – Bulan Ramadan 1442 H menjadi momen bagi umat islam untuk memperbanyak amal ibadah, seperti yang dilakukan Ana yang merupakan anggota majelis taklim di masjid Agung Taqwa di Kelurahan Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara. Ia dan rekan-rekannya rutin mengikuti pengajian dan tadarus bersama selama Ramadan.

Mengenakan gamis berwarna merah muda terlihat dirinya bersama ibu-ibu majelis taklim lainnya sangat khusuk membaca ayat suci Al-Qur’an di dalam Masjid Agung Taqwa Muara Rupit untuk mengisi kegiatan selama Ramadhan.

Dirinya menyampaikan pengajian dan tadarus yang rutin ia ikuti untuk memperbanyak amal ibadah selama bulan Ramadan serta sebagai metode untuk belajar mengaji dan memperdalam ilmu agama islam.

“Kami target uuntuk khatam Al-Qur’an sebanyak tiga kali. Sekarang kita baru bisa menyelesaikan 30 juz sebanyak satu kali pada Ramadan ke 13 belas yang lalu, Alhamdulillah sekarang sudah selesai 14 juz, kemungkinan kami hanya dapat menyelesaikan dua kali pada Ramadan tahun ini,” katanya, Kamis (29/4/2021).

Dirinya menjelaskan selama bulan ramadhan ia mulai membaca ayat suci Al-Qur’an pada pagi hari sebelum shalat dzuhur dan malam hari usai menunaikan shalat tarawih.

“Dalam satu hari kami bisa menyelesaikan 2 hingga 3 juz. Kami setiap hari mulai tadarusan dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB lalu istirahat untuk shalat dzuhur lalu pulang mempersiapkan makanan untuk buka puasa, nanti usai tarawih kita lanjutkan lagi,” katanya.

Wanita berusia 45 tahun ini berharap dengan rutin diadakannya pengajian dan tadarusan di Masjid Agung Taqwa bisa membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar, agar masyarakat bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beribadah selama ramadan.

Ia menyampaikan selain berharap pahala, tujuan dirinya rutin mengikuti pengajian secara tidak langsung untuk mengajak masyarakat sekitar untuk mengisi bulan ramadhan dengan hal-hal yang baik. “Kalau mau berbuat baik harus dimulai dari sendiri dulu,” jelasnya.

Dirinya menuturkan saat ini anggota majelis taklim di Masjid Agung Taqwa Muara Rupit ada 21 orang. “Mudah-mudahan dengan rutinnya kegiatan kita bisa menarik minat ibu-ibu yang lain untuk ikut mengaji bersama kita,” tutupnya. (*)

Rekomendasi Berita