oleh

Ramadan 2021, Perdana di Masjid Musi Al-Muallaf Lubuklinggau

LINGGAUPOS.CO.ID – Masjid Musi Al-Muallaf menjadi masjid pertama berarsitektur China di Kota Lubuklinggau.  Sehingga biasa juga disebut masjid Cheng Ho Lubuklinggau.

Masjid ini terletak di Jalan Kali Kesik, Kelurahan Taba Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Arsitekturnya kental dengan warna merah terang dan kuning keemasan.

Sepriyanto Sekretaris Masjid Musi Al Muallaf,  bercerita Masjid Musi Al Mualaf dibangun oleh seorang warga keturunan Tionghoa mualaf bernama Agussyah.

Ia sengaja membangun masjid ini sebagai bentuk kecintaannya kepada agama yang dianutnya saat ini.

“Masjid ini diberi nama Masjid Musi Al Mualaf pewakafnya orang Tionghoa Muallaf dan istrinya kebetulan warga suku Musi. Jadi namanya perpaduan nama suku dan agama,” ungkapnya pada wartawan, Senin (13/4/2021).

Ia menyebutkan, untuk warna merah dan kuning emas ini sengaja dipilih karena permintaan istri dari yang memberi wakaf agar diberi warna merah dan ornamen Tionghoa mengikuti budaya dari suaminya.

Ia pun meminta doa dan dukungan dari masyarakat Kota Lubuklinggau ke depan agar pengurus masjid mampu membangun pagoda dan memperlebar area lahan parkir masjid. “Kita berdoa semoga penambahan pagoda di depan bisa terealisasi,” ujarnya.

Sejak rampung Idul Fitri tahun lalu  masjid dengan luas bangunan 16 x 20 meter persegi dan mampu menampung 300 jamaah ini sudah dimanfaatkan warga untuk beribadah sehari -hari.

“Terkhusus Ramadan tahun ini masjid ini menggelar tarawih perdana, alhamdulillah antusias masyarakat yang shalat tarawih berjamaah lumayan banyak,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan, selain jamaah warga lokal, juga banyak jamaah dari luar wilayah Kali Kesik yang merasa penasaran dengan keunikan dan keindahan arsitektur masjid bernuansa ornamen Tionghoa ini.

“Banyak yang datang karena penasaran terutama saat sebelum bulan suci Ramadan kemarin, bahkan ada yang sengaja datang dari provinsi Bengkulu untuk foto-foto dan sengaja salat,” ungkapnya.

Ia menambahkan selama bulan suci Ramadan Masjid Musi Al Mualaf menyediakan buka puasa bersama untuk jamaah yang datang ke masjid ini.

Kemudian setiap menjelang berbuka puasa ada kultum dan selesai tarawih dilanjutkan tadarus al-quran.

“Khusus menjelang idul fitri nanti kita menyiapkan tempat untuk membayar zakat dan nanti akan langsung kita bagikan kemasyarakatan,” ujarnya.(*)

Rekomendasi Berita