oleh

Raih Prestasi Tak Bisa Instan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Menarget untuk dapat juara dalam segala bidang, tak bisa hanya sebatas wacana. Butuh kerja keras untuk menggapai itu.

Hal ini diakui Kepala SMPN Muara Beliti Emi Susanti, saat dibincangi Linggau Pos, Jumat (24/8).

Oleh karena itu, ia memiliki cara khusus dalam mengasah potensi peserta didiknya agar bisa berprestasi dalam setiap gelaran maupun event.

“Kami punya keyakinan, setiap anak itu punya potensi. Maka, kami fasilitasi mereka dalam beberapa ekstrakulikuler. Untuk mengutus siswa yang maju mewakili sekolah dalam sebuah kompetisi, si anak ini harus sudah diakui potensinya di lingkup ekstrakulikuler terlebih dahulu. Jadi tidak bisa instan,” tutur dia.

Khusus ekstrakulikuler sanggar seni, di SMPN Muara Beliti ada ekstrakulikuler seni suara, seni rupa, dan seni tari.

“Mereka inilah yang kerapkali jadi andalan SMPN Muara Beliti dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) atau mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas,” jelas Emi.

Sementara dalam Olympiade Sains Nasional (OSN), SMPN Muara Beliti biasanya menyeleksi dari siswa-siswi yang aktif dalam ekstrakulikuler Sanggar MIPA dan IPS. Baik dari bidang matematika, IPA maupun IPS.

“Kami juga punya sanggar bahasa, yang ekstrakulikulernya meliputi story telling dan puisi. Beda lagi kalau untuk event Olympiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) kami punya ekstrakulikuler yang melahirkan para atlet baik basket, karate, silat, dan bulutangkis,” jelas dia.

Sejauh ini, ekstrakulikuler yang tak kalah banyak peminatnya adalah marching band dan Pramuka.

“Saya bangga kalau anak-anak mau aktif di ekstrakulikuler. Minimal, mereka sudah benar dalam memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan positif. Soal prestasi, bisa mereka raih dengan giat berlatih. Dari sisi sosial, dengan gabung di ekstrakulikuler, mereka juga punya banyak teman. Ini bisa jadi motivasi belajar mereka,” imbuh Emi. (02)

Rekomendasi Berita