oleh

PWI Lubuklinggau MoU dengan STAI Bumi Silampari

LINGGAUPOS.CO.ID – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Lubuklinggau melakukan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bumi Silampari Lubuklinggau. Kerjasama ini dibidang pendidikan dan pelatihan, serta penyiaran/pemberitaan.

Kerjasama ini, ditandatangani kedua belah pihak melalui MoU/Kesepatakan Bersama, di Aula STAI Bumi Silampari Lubuklinggau, Jumat (8/1/2021) pagi. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Bappeda Musi Rawas Nanti Kasih, pengurus dan anggota PWI Lubuklinggau, Dosen dan mahasiswa STAI Bumi Silampari

Ketua STAI Bumi Silampari, Ngimadudin menjelaskan bahwa perguruan tinggi saat ini dituntut untuk bisa melakukan sinergi pentahelix, yakni sinergi perguruan tinggi dengan dunia industri, pemerintah, masyarakat dan media.

“Apa yang kami lakukan ini, sebagai bentuk sinergi pentahelix perguruan tinggi. Selain itu, kami juga masih kekurangan tenaga professional di bidang jurnalis, untuk memberikan materi mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI),” ia menjelaskan.

Melalui kerjasama dengan PWI ini, ia berharap wartawan yang bernaung di PWI bisa memberikan materi sebagai dosen tamu, pada mata kuliah khusus jurnalistik.

Terpisah, Ketua PWI Lubuklinggau Endang Kusmadi, menjelaskan bahwa saat ini jumlah wartawan yang sudah kompetensi di Sumsel, belum terlalu banyak.

“Berdasarkan data Dewan Pers, di Sumsel Sumsel wartawan yang sudah kompetensi ada 664 orang, dengan rincian 111 utama, 93 madya dan 460 muda. Kemudian media yang terverifkasi administrasi 46 media dan terverifikasi faktual 48 media,” jelasnya.

Padahal jumlah wartawan dan media yang ada di Sumsel lebih banyak dari angka tersebut. Menjadi salah satu tanggung jawab PWI selaku organisasi profesi, untuk meningkatkan kapasitas wartawan.

“Melalui kerjasama ini, kami bisa memberikan pengetahuan yang dimiliki kepada mahasiswa. Sehingga begitu tamat, sudah bisa terjun menjadi jurnalis yang paham dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu Kepala Bappeda Musi Rawas, Nanti Kasih yang juga Owner Pempek NK,  memberikan motivasi kepada mahasiswa tentang dunia usaha.(*)

Rekomendasi Berita