oleh

Puskesmas Petanang Belum Terakreditasi

LUBUKLINGGAU– Dari sembilan Puskesmas di Kota Lubuklinggau, hanya Puskesmas Petanang yang belum terakreditasi. Hasil penilaian tim asesor dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI masih belum diterima Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklinggau.

Sekretaris Dinkes Kota Lubuklinggau, H Cikwi kepada Linggau Pos, Minggu (27/1) mengakui ada keterlambatan pengajuan berkas dari Puskesmas Petanang. Sehingga tim penilai belum mengirimkan hasil penilaian.

“Serentak dengan Pukesmas Petanang, ada beberapa puskesmas lainnya tapi yang lain seperti Puskesmas Swasti Saba, Puskesmas Simpang Periuk, dan Puskesmas Perumnas sudah keluar ketiganya Akreditasi Madya. Kemarin Puskesmas Petanang memang terlambat memasukan berkas tambahan,” jelas Cikwi.

Ditambahkan Cikwi, pihaknya hanya bisa menunggu hasil penilaian. Padahal dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, terhitung 1 Januari 2019 seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit (RS) wajib terakreditasi.

Menurut Cikwi, hal ini bukan kesalahan pihak Puskesmas Petanang atau Dinkes Kota Lubuklinggau. Pasalnya berkas dan syarat lainnya sudah dimasukkan pada 2018 lalu.

“Pelayanan tetap seperti biasa karena itu keharusan, yang salah bukan kita. Semua syarat sudah kita masukan, dan tinggal menunggu hasilnya,” ungkapnya.(nia)

Rekomendasi Berita