oleh

Puskesmas Butuh Alkes

LINGGAU POS ONLINE, WATERVANG – Tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak menganggarkan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes), mengingat keterbatasan anggaran yang ada.

Selain itu, bantuan dari pemerintah pusat juga tidak ada untuk Alkes hanya untuk obat-obatan saja. Padahal, untuk meningkatkan pelayanan tentunya Alkes ini sangat dibutuhkan Puskesmas.

“Sepertinya tidak ada, hanya ada obat-obatan saja. Dibilang butuh tentu butuh, tapi tidak bisa dipaksakan juga,” kata salah seorang Kepala Puskesmas.

Menurut kepala Puskesmas ini, untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pihaknya hanya mengandalkan Alkes yang ada.

“Manfaati yang lama saja dulu,” ucapnya singkat.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Kota Lubuklinggau, H Cikwi mengaku bahwa saat ini program kesehatan, selain mengandalkan dari APBD Kota Lubuklinggau juga mengandalkan bantuan dari pusat.

“Untuk APBD hanya operasional saja, untuk Alkes tidak ada. Sedangkan dari pusat hanya dapat bantuan untuk obat-obatan saja,” ungkap Cikwi.

Menurut Cikwi, kebutuhan Alkes saat ini belum mendesak mengingat masing-masing Puskesmas masih bisa memanfaatkan Alkes yang ada saat ini.

“Tidak mendesak yang lama masih bisa dipakai,” cetusnya.(13)

Komentar

Rekomendasi Berita