oleh

Puncak Gerhana Matahari Cincin di Sumsel Pukul 12.30 WIB

LINGGAU POS ONLINE – Gerhana Matahari Cincin yang akan muncul pada Kamis (26/12/2019) juga akan melintasi wilayah Sumsel, termasuk Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

Kasi Informasi dan Observasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Beny Setiaji kepada linggaupos.co.id menjelaskan gerhana matahari cincin cukup panjang muncul di langit Sumsel, yakni selama 3 jam 40 menit.

“Gerhana di wilayah Sumsel awal pada pukul 10.35 WIB, puncak pukul 12.30 WIB dan akhir Gerhana Matahari Cincin pada pukul 14.20 WIB,” jelasnya, Selasa (24/12/2019).

Sementara itu, menurut rilis BMKG, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan Matahari, Bumi, dan Bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru. Adapun Gerhana Bulan terjadi ketika terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan dan terjadi pada saat fase purnama.

Baik Gerhana Matahari maupun Gerhana Bulan, peristiwanya dapat diprediksi dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.(*)

Rekomendasi Berita