oleh

Puluhan Hektare Sawah Kekeringan

LINGGAU POS ONLINE – Musim Kemarau, menyebabkan 20 Hektare (Ha) sawah milik warga Desa Seguring Kecil Kecamatan Tebing Tinggi alami kekeringan. Bahkan dipastikan, warga akan mengalami gagal panen.

Hal ini diungkapkan Gimin, salah seorang petani Desa Seguring Kecil Kecamatan Tebing Tinggi. Sawahnya kini semuanya dipastikan gagal panen karena sudah kekeringan.

“Selama ini kami menggunakan air seguring, karena musim kemarau ini air seguring mengecil sehingga tidak bisa mengaliri sawah,” ungkap Gimin.

Sementara, Andri petani lainnya juga merasakan hal yang sama. Ia harus terima dengan lapang dada, sawah yang digarapnya kini alami kekeringan dan besar kemungkinan gagal panen.

“Kalau tidak ada hujan bisa saja padi kami ini mati. Kalau sudah kondisinya seperti ini, petani pasti gagal panen dan mengalami kerugian, karena kalaupun panen hasilnya tidak akan maksimal,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Empat Lawang, HM Taufik menjelaskan kemungkinan musim kemarau tahun ini berakhir pada Oktober mendatang. Untuk Empat Lawang ada kabar baik, yaitu memiliki kecenderungan suhu udara yang artinya ada tanda-tanda musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan.

“Harapan kita kemarau ini segera berakhir,” harapnya.

Laporan Kayan Manggala

Rekomendasi Berita