oleh

Puluhan Gedung Terbengkalai

Korban Sengketa Aset Mura–Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Berdasarkan data Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Lubuklinggau, sedikitnya ada 52 tanah dan gedung yang seharusnya diserahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau.

Sebagian besar bangunan tersebut saat ini terbengkalai, ada sebagian lagi dimanfaatkan lembaga vertikal, atau organisasi pendidikan.

Pemkot Lubuklinggau sudah melakukan berbagai cara agar aset-aset tersebut diserahkan ke Pemkot Lubuklinggau. Hal ini mengacu pada dalam Undang-Undang (UU) No.07 Tahun 2001 tentang Pemkot Lubuklinggau, bahwa sejak terbentuknya Kota Lubuklinggau maka secara otomatis semua tanah dan bangunan Pemkab Mura menjadi hak milik Pemkot Lubuklinggau untuk dikelola dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Mediasi yang dilakukan Gubernur Sumsel beberapa waktu lalu ternyata tidak ada solusi. Bahkan Pemkot Lubuklinggau sudah menyurati Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memediasi permasalahan aset ini.

Seperti disampaikan Kepala BKD Kota Lubuklinggau, Imam Senen melalui Kabid Aset, Tarmizi, Sabtu (19/1) mengatakan perawatan tanah dan gedung yang belum disahkan disinyalir masih menggunakan APBD Kabupaten Mura.

“Kan mubazir, dianggarkan untuk perawatan tapi tidak ditempati,” kata Tarmizi.

Ditambahkan Tarmizi, seharusnya dana untuk perawatan tanah dan gedung tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembangunan desa, kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Mura. Jika aset tersebut ke Pemkot Lubuklinggau, maka gedung dan tanah itu akan dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat khususnya layanan publik.

“Pemkot Lubuklinggau akan memanfaatkan untuk publik, bukan untuk disewakan atau kepentingan kelompok tertentu,” tegas Tarmizi.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengaku Pemkot Lubuklinggau masih mengupayakan mediasi untuk menyelesaikan permasalahan aset tersebut.

“Kita akan bicarakan duduk satu meja, kita cari solusi terbaik,” cetus Rahman Sani.(nia)

Rekomendasi Berita