oleh

Puluhan Calon Pejabat ‘Serbu’ PN Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Puluhan masyarakat mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Selasa (6/11). Tujuan kedatangan mereka untuk membuat surat keterangan tidak pernah dihukum, sebagai syarat untuk mengikuti seleksi anggota Komisioner KPU Kabupaten/Kota.

Juru bicara PN Lubuklinggau, Hendri Agustian melalui Panitera Muda (Pamud) Pidana, Helni Aryadi mengatakan memang dalam tiga hari terakhir puluhan warga datang untuk membuat surat tidak pernah dihukum. Padahal, sejak selesainya perekrutan Bawaslu Sumsel, Bawaslu Kabupaten/Kota serta Calon Legislatif (Caleg), tidak ada lagi warga yang mengajukan pemohonan dimaksud.

“Mulai ramai Senin (5/11), dan saat ini sudah ada sekitar 30 orang yang mengajukan permintaan surat keterangan tidak pernah dihukum. Semuanya tertulis untuk mengikuti seleksi KPU Kabupaten/Kota,” kata Helni Aryadi.

Menurut Helni sapaan akrab dari Pamud Pidana, untuk mendapatkan surat keterangan tidak pernah dihukum harus memenuhi beberapa persyaratan. Seperti fotokopi Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan SKCK masing-masing satu lembar, kemudian pasfoto 4X6 sebanyak 2 lembar, dan ikut antrean. Pelayanan dibuka dari Senin-Kamis, mulai pukul 08.30 WIB hingga pukul 16-30 WIB, dan khusus Jumat ditutup pukul 17.00 WIB.

Proses pembuatan surat keterangan yang dikeluarkan PN Lubuklinggau tidak dipungut biaya sepeserpun. Hal ini mengacu pada Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) No.2 Tahun 2018, tentang pemberlakuan SEMA No.3 Tahun 2018 terhadap semu jenis surat keterangan, di situ sudah dijelaskan bahwa seluruh pemberian surat keterangan yang dikeluarkan tanpa dipungut biaya. Hal ini sudah disebutkan dalam edaran yang dilayangkan pada 4 Juli 2018 lalu, pada poin keempat yang menyebutkan Mahkamah Agung (MA) sudah menjelaskan kembali bahwa pemberian surat keterangan tanpa dipungut biaya.

Maka, kalau ada oknum yang memungut biaya atau meminta biaya kepada masyarakat yang tengah membuat surat keterangan, menyalahi aturan yang berlaku.

Anton salah satu yang akan mengikuti seleksi KPU Kota Lubuklinggau mengatakan pegawai PN Lubuklinggau tidak memungut biaya atas pembuatan surat keterangan yang akan digunakan untuk.

“Tadi, waktu dibagikan tidak ada yang meminta uang,” tegasnya. (aku)

News Feed