oleh

Pulang Sekolah Nekat Duduk di Atap Mobil

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Minimnya angkutan kota membuat pelajar di Kabupaten Muratara harus rela berhimpitan duduk di atap mobil.

Padahal itu sangat membahayakan keselamatan mereka. Sayangnya risiko tersebut tidak terlalu dipikirkan oleh para pelajar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara sudah menyediakan bus sekolah, untuk antar jemput pelajar. Akan tetapi bus tersebut belum sepenuhnya bisa dimanfaatkan para pelajar dan nyatanya para pelajar masih saja naik angkutan desa.

Seorang warga Desa Batu Gajah Kecamatan Rupit, Bulni (50) mengatakan, semestinya para supir juga harus menyadari tentang keselamatan penumpang. Jadi jangan hanya memikirkan penghasilan saja.

Selaku wali siswa, ia cukup khawatir melihat anaknya duduk di atap mobil.

“Sangat khawatirlah dek, karena itu sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamatan,” tuturnya, kemarin.

Ia mengaku sudah berkali-kali memberikan pemahaman kepada anak, supaya tidak duduk di atas atap mobil. Namun nampaknya masih saja mengingat kondisi yang memang belum memungkinkan.

“Kita selaku orang tua sudah sering mengingatkan anak untuk tidak duduk di atas atap mobil, karena sangat berbahaya,” sebutnya.

Sementara, Andi (12) siswa SMP Negeri 1 Rupit mengatakan dirinya bersama teman-temannya rela duduk berhempitan di atas atap mobil supaya bisa pulang cepat sampai ke rumah.

“Kami rela duduk berhimpitan di atas mobil supaya cepat pulang ke rumah. Karena kalau tidak seperti itu susah untuk mendapatkan tumpangan angkot,” ucapnya, kemarin.

Dirinya mengakui bahwa awalnya memang merasa takut. Namun, lantaran sudah terbiasa, rasa takut tersebut hilang. Walaupun demikian dirinya bersama teman-teman merasa was-was, sebab jika mobil yang ditumpanginya itu kecelakaan maka yang paling berbahaya dirinya dan yang lain yang duduk di atas atap mobil.

“Jelas takut, karena sudah banyak kejadian penumpang seperti kami ini sangat berisiko dikalah mobil kecelakaan dan bisa-bisa mengakibatkan kematian,” akunya.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita