oleh

Puasa untuk Medical Check Up

PALEMBANG – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri mengatakan kalau tiga bakal Pasangan Calon (Paslon) yang sudah mendaftar ke KPU Kota Lubuklinggau, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (13/1).

“Kita sudah dapat pemberitahuan, kalau besok (hari ini, red) akan dilakukan pemeriksaan secara medis,” kata Efriadi Suhendri, Jumat (12/1).

Bahkan, dilanjutkan Eef sapaan Ketua KPU Lubuklinggau, sekira pukul 22.00 WIB tadi malam, tiga bakal Paslon tersebut sudah diinstruksikan untuk berpuasa, guna dilakukan pemeriksaan kesehatan yang akan dimulai pukul 07.00 WIB itu.

“Semua sudah diminta untuk mulai tidak makan dan minum, sekira pukul 22.00 WIB, itu merupakan pemberitahuan yang sudah dilakukan IDI (Ikatan Dokter Indonesia, red). Jadi, seluruh bakal Paslon wajib untuk mematuhi itu,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan dari tiga Paslon yang berasal dari Kota Lubuklinggau itu, berbarengan dengan bakal Paslon dari Kota Palembang dan Pagar Alam. Hasil pemeriksaan tersebut akan diberikan kepada KPU Kota Lubuklinggau pada Selasa (16/1).

Ditambahkan Divisi Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Gatot Widjianto hasil pemeriksaan kesehatan ini akan dijadikan dasar untuk KPU Kota Lubuklinggau dalam menetapkan kandidat yang akan ikut dalam Pilkada.

“IDI akan menyerahkan ke kita mengenai hasil pemeriksaan kesehatan bakal Paslon, dan hasilnya merupakan acuan kita untuk menetapkan mereka dari bakal ke calon,” kata Gatot.

Menurut Garot, dalam PKPU No. 3 dan No. 15 Tahun 2017 tentang Pencalonan, dijelaskan bakal Paslon yang tidak lulus dalam pemeriksaan kesehatan dapat diganti dengan nama lain. Sementara untuk kandidat jalur perseorangan, akan langsung dinyatakan gugur ketika rekomendasi IDI mereka dianggap tidak memenuhi syarat.

Untuk diketahui, ketiga bakal Paslon yang sudah mendaftar ke KPU Kota Lubuklinggau adalah H Toyeb Rakembang-Sofian dari jalur perseorangan, kemudian H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan H Rustam Efendi-Riezky Aprilia dari dukungan Parpol.

Artinya, bila antara H Toyeb Rakembang-Sofian ada yang tidak lulus, dipastikan tidak ikut Pilkada.

Sementara kalau H SN Prana Putra Sohe-H Sulaiman Kohar dan H Rustam Efendi-Riezky Aprilia, ada yang tidak lulus dapat diganti dengan nama lain, karena mereka maju melalui jalur Parpol.

Sementara Bakal Calon (Balon) Walikota Lubuklinggau H Rustam Efendi saat diwawancarai Linggau Pos mengatakan untuk Jumat (kemarin,red) tidak ada jadwal terkait proses Pilkada 2018. Hanya menungggu persiapan Medical cek up, Sabtu (hari ini,red).

“Kita tunggu giliran dulu,dari daerah masing-masing Sabtu(hari ini/red) baru giliran Balon dari Kota Lubuklinggau untuk melakukan medical cek up, doakan saja semua berjalan dengan lancar tanpa ada halangan,” ucap H Rustam Efendi.

Sedangkan mengenai antisipasi politik uang ia berharap tidak terjadi, karena masyarakat sudah pintar memilih.

“Berdasarkan peraturan yang baru, kita sangat setuju kalau bisa memang harus seperti itu, kita juga bersama tim selalu mengantisipasi hal itu. Semoga saja pilkada nanti tidak ada terjadi apa-apa,” katanya.

Sementara itu Balon Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengaku kalau kemarin ia tidak mengikuti serangkaian tes.

“Hari ini (kemarin, red) istirahat, besok (hari ini, red) tes baru dilanjutkan kembali,” ungkap Nanan.

Untuk tes selanjutnya, ia mengaku akan dimulai sejak pagi.

“Dijadwalkan, tes besok akan dimulai sejak pukul 07.00 WIB,” ungkapnya.

Lantas apa persiapannya.

“Persiapan kesehatan saja,” jelasnya. (11/19/09)

Komentar

Rekomendasi Berita