oleh

PT M3 Belum Kantongi Izin

Tapi Sudah Kumpulkan Kades dan Camat

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Kendati tidak ada izin dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), tapi PT Muratara Manis Madu (M3) tetap mengumpulkan kepala desa (kades), Camat Rupit dan Camat Rawas Ulu.

Berdasar informasi yang Linggau Pos terima di lapangan manajemen perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan tebu itu telah mengumpulkan camat dan kades di Kecamatan Rupit, Jumat (8/6) lalu.

Ia memperkenalkan perusahaan kepada camat dan juga kades yang menjadi target lahan di dua kecamatan tersebut.

Plt Kepala DPM-PTSP Kabupaten Muratara, Defri Fauzul Azim menegaskan untuk perusahaan perkebunan tebu yang sudah ada izin itu PT Muratara Agro Sjahtera (MAS). Sementara kalau PT M3 belum ada izinya.

“Kalau yang ada izin itu PT MAS, kalau PT M3 belum ada izin,” kata dia, Minggu (10/6).

Menurut Defri, Mereka (PT M3) harus ada izin dulu baru melakukan kegiatan lain. Memang pernah paparan awal kepada pihaknya tapi sudah itu tidak ada kelanjutan.

“Pernah paparan, tapi kate progres, apo ngajukan surat atau proses izin, kalau nak penjajakan, ngecek-ngecek tanah, dak apo-apo, tapi kalau sudah pengenalan atau sosialisasi harus ado izin dululah,”tegas Defri.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Muratara, yang membidangi Perkebunan, Suhardiman mengatakan, sampai sekarang pihaknya belum mengetahui aktivitas dari PT M3. Karena sampai sekarang tidak ada komunikasi atau koordinasi.

“Harusnya memberi tahu atau melaporkan dulu ke dinas, duduk bersama baru sosialisasi, yang jelas kami belum tahu mengenai PT M3,” tegasnya. (12)

Rekomendasi Berita