oleh

PT DNS Tanam 9.000 Pohon

LINGGAU POS ONLINE, KARANG JAYA – Perusahaan Pertambangan Emas PT Dwinad Nusa Sejahtera Merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) di Areal Hutan Produksi Terbatas (HPT)  Rawas Lakitan, Sukamenang, Rabu (29/11). Perusahaan yang beroperasi di Bukit Tembang, Desa Suka Menang, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) itu menanam 9.000 pohon.

Manager Lingkungan PT DNS Ali Ahmid, mengatakan rehabilitasi DAS ini dilakukan sejak 2016 di wilayah Izin Pinjaman Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) PT DNS. Yang berdasarkan regulasi peraturan menteri kehutanan nomor P. 16/Menhut-II/2014. Namun, khusus penanaman dimulai 2017 dengan jumlah 9.000 pohon. Terdiri dari Pohon Duku, Durian, Cempedak atau Nangka, Jengkol, dan Kabau.

“Kegiatan ini merupakan implementasi dari kewajiban PT DNS untuk melakukan rehabilitasi hutan di sekitar DAS. Sampai dengan bulan Desember 2017 realisasi penanaman sudah mencapai 500 batang,” terangnya dalam acara Rehabilitasi DAS di Bukit Tembang, kemarin.

Rehabilitasi DAS PT DNS ini melibatkan masyarakat. Mulai dari sosialisasi, perencanaan, pembibitan dan penanaman. Misalnya, bibit yang ditanam merupakan hasil dari kerjasama dengan masyarakat yang sebelumnya telah diberi pelatihan dan penyuluhan, fasilitas pembibitan dan pembiayaan. Kemudian, pihak PT DNS membeli bibit tersebut.

“Bibit yang kita tanam ini merupakan hasil dari kerja sama kita dengan masyarakat dengan tujuan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat itu sendiri,” tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari KHP Unit VI Rawas Andika Saputra, Camat Karang Jaya Walhadi Said, Danramil Muara Rupit, Kapten Evi Sugiarto, Kapolsek Karang Jaya, AKP Hermawansyah, Kepala Desa Tanjung Agung, Korbilah Desta, dan perwakilan masyarakat pemilik lahan.

Pada kesempatan itu, Kasubag Perlindungan dan Rehabilitasi Hutan, Andika Saputra mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan PT DNS. Secara resmi membuka acara tersebut. (Rls)

Komentar

Rekomendasi Berita