oleh

PT DNS Serahkan Dokumen Amdal

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Manajemen PT Dwinad Nusa Sejahtera (DNS) Selasa (2/4) menyerahkan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) kepada Pemerintah Kabupaten Muratara. Itu dilakukan setelah tiga bulan lebih masyarakat Karang Jaya mempertanyakan dokumen Amdal tersebut.

Kades Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Dedi Samdevi mengatakan masyarakat ingin tahu kondisi air sungai yang diduga telah tercemar oleh cairan kimia. Yang diduga digunakan PT DNS untuk menambang emas.

“Syukur kalau dokumen tersebut sudah diserahkan ke Pemkab Muratara, karena kami hingga saat ini sangat kesulitan untuk mengetahui kondisi Amdal perusahaan,” kata dia.

Untuk itulah, dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Muratara dalam beberapa hari ini mengundang dirinya dan Kades-Kades lain untuk menyampaikan laporan tentang kondisi Amdal perusahaan.

“Kita tunggu undangan pemerintah Kabupaten Muratara dua, tiga hari ke depan, guna mengumumkan hasil Amdal perusahaan,” sebutnya.

Asisten Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Muratara, Tarmizi mengatakan pihaknya sudah menerima dokumen Amdal PT DNS. Selanjutnya akan dilakukan pertemuan dengan masyarakat dan para Kades di seputaran tambang.

“Tadi pagi saya diperintahkan oleh Pak Sekda Kabupaten Muratara, H Abdullah Maktjik untuk mewakili Bupati Muratara menerima dokumen Amdal PT DNS. Yang diserahkan oleh Pak Tri selaku manager dan disaksikan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kabupaten Muratara. S. Kusrinto.

Selanjutnya, akan dijadwalkan untuk beraudiensi dengan masyarakat terkait Amdal perusahaan yang dijadwalkan pada Minggu kedua ini.

“Nantinya juga akan dibentuk tim, untuk mengecek kebenaran atas Amdal tersebut,” imbuhnya. (12)

Rekomendasi Berita