oleh

PT AGP Serahkan Surat Suara

ke KPU Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Sebanyak 161.032 lembar surat suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Lubuklinggau 2018, pukul 24.15 WIB, Rabu (23/5) tiba di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Proses serah terima telah dituangkan dalam Berita Acara Serah Terima (BAST) Nomor: 10/BAST/AGP/PMS/V/2018, ditandatangani Direktur PT Aksara Grafika Pratama (AGP) dan Kasubag Teknis KPU Kota Lubuklinggau, Hironimus Emil Mbeko.

Dalam BAST tersebut tertera 161.032 surat suara yang diterima sekretariat KPU Kota Lubuklinggau dikemas dalam sebanyak 81 dus. Dari 81 dus, 80 dus berisi 2.000 lembar surat suara, dan 1 dus berisi 1.032 lembar surat suara.

Pengiriman surat suara tersebut dikawal aparat kepolisian dari Polres Lubuklinggau, mulai dari percetakan hingga sampai ke Sekretariat KPU Lubuklinggau. Dan saat serah terima surat suara, disaksikan langsung Ketua Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husein dan Kabag Ops Polres Lubuklinggau, Kompol Yuda.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri melalui Kasubag Umum dan Logistik KPU Kota Lubuklinggau, Rudi Wijaya menjelaskan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara semua dus diterima dalam keadaan baik tidak ada yang cacat sedikitpun. Namun, dirinya belum bisa memastikan apakah seluruh surat suara itu tidak ada yang cacat, atau gambar pasangan calon Walikota-Wakil Walikota ada yang kurang cerah, karena pemeriksaan baru mencakup jumlah dus dan bentuk dus (kemasan).

“Untuk saat ini, kita belum bisa memastikan apakah ada surat suara yang cacat atau tidak. Sebab, dus yang berisi surat suara belum dibuka satu persatu,”kata Rudi Wijaya, di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Rudi Wijaya, diketahui ada surat suara yang rusak, ketika proses penyortiran dan pelipatan yang akan dimulai Minggu (17/6) atau Senin (18/6). Bila ditemukan ada yang rusak dengan jumlah yang cukup besar, maka KPU Kota Lubuklinggau akan menghubungi atau berkoordinasi dengan pihak percetakan untuk dicetak kembali sesuai dengan jumlah surat suara yang rusak.(01)

Rekomendasi Berita