oleh

PSU di PALI, Pasangan HERO Unggul, Gubernur Ucapkan Selamat

LINGGAUPOS.CO.ID – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU), yang dilakukan di empat TPS, akhirnya selesai dilakukan. Hasilnya, Pasangan Calon (Paslon) 02 Ir H Heri Amalindo MM-Drs H Soemarjono (HERO) berhasil unggul dari Paslon 01 Devi Harianto SH MH-H Darmadi Suhaimi SH (DHDS).

Tercatat, di TPS 06 Desa Tempirai, Kecamatan Penukal Utara, paslon DHDS berhasil unggul dengan raihan suara sebanyak 190 suara, sementara paslon HERO hanya mampu meraih 118 suara, sehingga total surat sah di TPS ini sebanyak 308 suara.

Lalu, di TPS 08 Desa Babat, Kecamatan Penukal, paslon DHDS juga hanya mampu meraih suara sebanyak 93 suara dan paslon 02 berhasil meraih 236 suara, dengan total suara sah sebanyak 329 suara.

Kemudian, di TPS 10 Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, paslon DHDS juga hanya mampu meraih suara sebanyak 169 suara, sedangkan paslon HERO berhasil meraih 195 dengan keseluruhan total suara sebanyak 364 di TPS ini

Dan terakhir, di TPS 09 Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, paslon DHDS hanya mampu meraih suara sebanyak 178 suara, sedangkan paslon HERO berhasil unggul dengan perolehan suara sebanyak 236, dengan total 414 suara.

Sehingga, total suara yang berhasil diraih oleh masing-masing paslon dari keempat TPS yang dilakukan PSU ini terdiri dari, paslon DHDS berhasil meraih 630 suara, dan paslon HERO berhasil meraih 785 suara.

Dengan rincian keseluruhan suara yang diraih kedua paslon pada Pilkada PALI 9 Desember 2020 kemarin, paslon nomor urut 01 DHDS meraih sebanyak 51.273 suara. Sedangkan, paslon HERO berhasil unggul dengan suara 51.994, selisih 721 suara.

Ketua KPU Kabupaten PALI, Sunario SE mengatakan, bahwa hasil ini diharapkan tidak ada perbedaan karena memang TPS yang di PSU hanya empat, sehingga perselisihan kemungkinan berbeda cukup kecil.

“Tahapan selanjutnya kita akan melakukan rekapitulasi di tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK,red) masing-masing yakni di PPK Penukal Utara dan Penukal pada Rabu (21/4/2021),” ujarnya.

Selanjutnya pihaknya, akan mengagendakan rapat pleno rekapitulasi tingkat kabupaten pada Sabtu (24/4/2021). Dan diagendakan rapat pleno penetapan antara tanggal 28-30 April 2021.

“Nanti, dalam rapat pleno kita akan membuat berita acara sertifikat dan ada dua, yang pertama sertifikat hasil suara PSU dan dilanjutkan dengan sertifikat yang telah digabungkan dengan hasil suara yang tidak di PSU-kan,” jelasnya.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru secara khusus memberikan ucapan selamat atas kemenangan sementara Paslon HERO.

“Saya mendengar kabarnya HERO menang. Selamat kepada mereka. Tapi tetap saya berpesan menang tapi tidak merendahkan orang lain. Untuk yang tidak menang diharapkan supaya bisa menerima hasil ini,” ungkap Deru. (*)
Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita