oleh

PSPM Al-Madani ke-3 Dimulai, Diikuti Ratusan Siaga dan Penggalang

KAYUARA- Jumat (8/2) Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani membuka Perkemahan Santri Pelajar Madani (PSPM) ke-3. Acara yang dihadiri ratusan pramuka siaga dan penggalang itu terpusat di Gerakan Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.373-01.374 Madrasah Aliyah (MA) Al-Madani Lubuklinggau, Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat I.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Bersama Pramuka Kita Kembangkan Potensi Diri dan Kreativitas Anak Bangsa’ itu akan berlangsung 8-10 Februari 2019.

Pembina Gudep MA Al-Madani Lubuklinggau, Moh. Arpan Al Haj, S. Pd. I mengatakan ada 340 peserta dari 22 pangkalan Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kabupaten Rejang Lebong.

Acara makin meriah karena tamu undangan disuguhi
Rabana Hadro Almadani, Atraksi Pencak Silat, Atraksi Simapur, dan Parade Tari Ponpes Al-Madani.

Momen ini juga disaksikan Dandim 0406 Kota Lubuklinggau Letkol Inf M.A’an Setiawan, S.Sos M.l.Pol, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Lubuklinggau Drs H Azhari Rahardi, MSI, Perwakilan Kapolres Lubuklinggu Iptu Sudirman, Ketua Ponpes DPD Kota Lubuklinggau, H Muhammad Atik Fahmi, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Moh Arpan Al-Haj menuturkan, kegiatan ini diadakan untuk menumbuhkan minat dan semangat yang mantap kepada anggota-anggota gerakan pramuka untuk menjadikan gerakan pramuka bermoral, melatih dan membiasakan anggota gerakan pramuka untuk hidup dan belajar mandiri di alam terbuka. Selain itu, kemah ini juga untuk menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme dalam diri anggota pramuka. Dan yang paling utama, mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota Pramuka.

Kompetisi yang diikuti para peserta diantaranya, Lomba Azan, Pildacil, hifdzil quran juz 30, lukis, ranking 1 dan Stand Up Comedy untuk tingkat SD/MI.

Sedangkan Lomba kaligrafi kontemporer, tilawah, karaoke religi, master chep, atraksi smaphore, untuk tingkat SMP/MTs dan lomba baris berbaris tongkat, spelling bee, miniatur ponering, kreasi barang bekas, mading dan pawai gembira untuk tingkat SMP/MTs.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Lubuklinggau, H Rahman Sani mengapresiasi kesungguhan Pesantren Al Madani mengadakan kegiatan ini.

Karena dalam anggota Pramuka merupakan wadah untuk menempa jati diri menjadi seorang pemimpin serta mampu mengatasi bahaya narkoba. (adi)

Rekomendasi Berita