oleh

Psikolog: Tersangka Tak Mampu Kendalikan Stres

LINGGAU POS ONLINE – Merujuk dari pengakuan sementara motif tersangka Al membunuh korban Wiwik, Psikolog Irwan Tony menganalisa sosok Al di sini memiliki tipe kepribadian introvert.

Menurutnya, orang dengan tipe introvert memang pendendam, sulit untuk mencari solusi ketika mengalami masalah. Kemudian pada orang seperti itu memiliki hormon kortisol (hormon yang membuat stres) yang tinggi. Akumulasi inilah yang membuat pelaku tidak bisa mengendalikan hormon tersebut.

Jika dilihat dari sisi korban yang melakukan penghinaan, hal tersebut bisa dikatakan merupakan perilaku bullying. Menurut Irwan Tony, bullying tersebut cukup kuat, karena bullying tidak hanya fisik namun juga perkataan atau verbal.

Meskipun apa yang dilakukan korban juga salah, namun perbuatan sampai membunuh tersebut juga tidak bisa dibenarkan, karena solusinya tidak harus sampai membunuh.

Namun kata Irwan, kembali lagi karena kita juga tidak tahu bagaimana pola asuh ayah ibunya seperti apa. Jadi ada banyak faktor yang memengaruhi anak-anak hingga berbuat seperti itu mulai dari keluarga yakni pola asuh yang terbentuk, kemudian lingkungan juga bisa membentuk, atau ia pernah mengalami hal serupa, atau juga pernah melihat (mencontoh) hal seperti itu, bahwa solusinya seperti itu dalam hal ini pembunuhan ya dia lakukan itu. Ada proses belajar di sana, tapi kita belum tahu dia yang mana faktornya. (cw5)

Rekomendasi Berita