oleh

Proses Pengeringan Gabah Lebih Cepat

Musim Panas Berkah Bagi Usaha Penggilingan Padi

Bagi masyarakat yang memiliki usaha penggilingan padi cuaca sangat berpengaruh sekali, karena kalau tidak maka proses pengeringan gabah bisa memakan waktu yang cukup lama.

Laporan Mutiara Rahma, Purwodadi

Sebelum digiling menjadi beras, padi harus dijemur terlebih dahulu supaya kering dan tidak patah ketikan masuk ke dalam penggilingan. Proses inilah yang menjadi berkah bagi pengusaha penggilingan padi.

Karena, dari jasa penggilingan padi tersebut, dia mendapatkan keuntungan berupa beras dari masyarakat.

“Iya, dapat keuntungan dari jasa melakukan penggilingan padi ini. Alhamdulillah penghasilan yang didapat cukup untuk kebutuhan sehari-hari,” kata Parmanto saat dibincangi, Senin (5/2).

Menurut Parmanto, dalam membuka usaha penggilingan padi ini, sangat bergantung dengan cuaca, karena kalau cuaca panas seperti sekarang proses pengeringan gabah kering giling hanya memakan waktu dua hari.

Sebaliknya kalau cuaca musim hujan, maka bisa memakan waktu sampai tiga sampai empat hari.

“Selain capek kalau musim hujan karena harus bersiap-siap mengantisipasi kalau sewaktu-waktu hujan. Proses pengeringan juga cukup lama,” imbuhnya.

Parmanto berharap usahanya ini dapat berjalan dengan baik, sehingga penghasilannya bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita