oleh

Proses PAW Toyeb Lanjut di KPU Mura

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Musi Rawas (Mura), kembali memproses pengajuan Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Mura, atas nama Toyeb Rakembang usulan DPP PAN Kabupaten Mura. Usulan ini disampaikan, atas dasar pengunduran diri Toyeb Rakembang, yang mencalonkan diri sebagai calon Walikota Lubuklinggau.

Kemarin (4/5), mereka mengajukan surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mura, terkait pengganti Toyeb Rakembang. Pengajuan surat ini disampaikan Sekwan DPRD Mura, Amir Hamzah sebagai tindak lanjut Rapat Pimpinan (Rapim) DPRD Mura, Sabtu (28/4).

“Setelah dibahas dalam Rapim DPRD, kita lanjutkan dengan penyampaian surat ke KPU Mura untuk ditindaklanjuti kembali. Terutama terkait pengganti Toyeb Rakembang, berdasarkan perolehan suara pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014,” ungkap Amir Hamzah kepada koran ini, usai rapat paripurna DPRD Mura, Jumat (4/5).

Pihaknya akan menunggu tindak lanjut dari KPU Mura, untuk dilanjutkan prosesnya.

“Kita tunggu hasilnya dari KPU Mura. Setelah ada hasil dari mereka lalu disampaikan ke kita (DPRD, red), kita rekomendasikan ke Bupati Mura untuk diteruskan ke Gubernur Provinsi Sumsel,” lanjutnya.

DPRD Mura targetkan, Mei 2018 proses PAW Toyeb Rakembang selesai.

“Itu target kita. Semua tergantung rekomendasi Gubernur Provinsi Sumsel, cepat atau lambat keluarnya,” lanjut Amir Hamzah.

Komisioner KPU Mura Divisi Teknis, Supriadi saat dihubungi mengaku belum menerima surat dari pihak DPRD Mura terkait PAW Toyeb Rakembang.

“Kemungkinan masih di staf kita. Ketika surat dari DPRD terkait PAW sudah kita terima, akan ditindaklanjuti dengan rapat pleno KPU Mura untuk membahas surat yang disampaikan pihak DPRD Mura. Insya Allah kalau memang surat sudah dikirimkan hari ini (kemarin, red), Senin (7/5) kita lakukan rapat pleno,” kata Supriadi.

Sejauh ini, surat yang sudah mereka terima baru dari pengurus DPP PAN Kabupaten Mura. Ada dua surat, pertama terkait pemecatan peraih suara terbanyak kedua setelah Toyib Rakembang, dan disusul surat terkait keputusan mahkamah PAN.

“Namun untuk dua surat ini tidak bisa kita tindak lanjuti, namun bisa menjadi bahan pertimbangan ketika kita membahas surat dari DPRD,” lanjutnya.

Sementara, Ketua DPD PAN Kabupaten Musi Rawas, Wahyu Sumadi membenarkan pihaknya sudah mengajukan surat PAW Toyeb Rakembang ke DPRD Mura.

“Ada satu nama sesuai rekomendasi DPP PAN, yakni Imawan Andriansyah. Saat ini kita menunggu proses selanjutnya, yakni di KPU. Serta menunggu rekomendasi dari Gubernur Provinsi Sumsel,” ungkapnya.

Ia pun menanggapi, informasi adanya konflik internal yang menyebabkan proses PAW lambat.

“Sebenarnya bukan konflik, tetapi ada bukti yang disampaikan ke kita, kalau suara terbanyak kedua, Hendra. Namun dia pindah partai, dibuktikan dengan foto dan sertifikat. Hal ini kita tindak lanjuti dan kita rekomendasikan ke DPP. Makanya keluar rekomendasi dari DPP suara terbanyak ke tiga, Imawan. Hendra pun sempat melapor ke Mahkamah Partai,” jelasnya.

Wahyu mengaku dipanggil pihak Mahkamah Partai, untuk diminta memberikan klarifikasi.

“Ya selaku ketua, saya sampaikan sesuai bukti yang ada. Mahkamah partai pun sepakat kalau ini pelanggaran, dan meminta saya melanjutkan rekomendasi DPP ke DPRD Mura. Makanya, surat baru kita masukan untuk diproses melalui Rapim DPRD Mura,” jelasnya. (13)

Rekomendasi Berita