oleh

Programkan Rp 250 Ribu Dapat Jamban Sehat

Yuli Tenaga Kesehatan Teladan Nasional

Tak Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia 17 Agustus 2017 lalu, jadi momen mengejutkan bagi Yuli Astuti. Di Istana Negara, ia mendapat penghargaan sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional. Bagaimana kiatnya sampai bisa meraih prestasi tersebut.

Laporan Sasma Widiyani, Taba Pingin

KEMARIN, Senin (4/12) Yuli Astuti juga ikut serta dalam upacara memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, di halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas (Mura). Usai kegiatan itu, Yuli berkenan kami bincangi.

Ia menjelaskan, meraih Anugerah Tenaga Kesehatan Teladan 2017, kategori Kesehatan Masyarakat Tingkat Nasional bukanlah sesuatu yang disangka Yuli Astuti.

Lulusan strata satu Kesehatan Masyarakat di Palembang ini mengaku mengikuti seleksi mulai tahap awal.

Awalnya, Yuli menceritakan, ia mendapat juara dua tingkat Kabupaten pada tahun 2012. Baru pada tahun 2017 ia berhasil mendapatkan juara I dan di kirim ke tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Tidak menyangka di tingkat Provinsi berhasil mendapatkan juara 1 dan Alhamdulillah bisa mewakili Sumatera Selatan ke tingkat Nasional pada 17 Agustus 2017 lalu. Dengan program Jamban Sehat dan Murah Rp 250 ribu sudah bisa membuat jamban sehat, bisa menarik penilaian juri. Ide inovatif itu salah satu jalan mewujudkan Mura Sehat,” ungkap ibu dari dua anak ini.

Istri dari Resta Irwan Putra ini mengaku perjuangannya untuk sampai pada tingkat nasional ini tidaklah mudah. Ia harus bisa mengalahkan dari banyaknya peserta mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional.

“Persaingan sangatlah ketat. Dan program-program mereka sungguh luar biasa. Saat saya di karantina selama tujuh hari untuk mengikuti serangkaian kegiatan. Saya juga sangat bangga bisa langsung bertatap muka dengan Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo dan ikut upacara Hari Kemerdekaan RI di Istana Merdeka,” kenang Yuli.

Yuli berharap kedepannya dia dan Puskesmas Terawas dapat menghasilkan penghargaan lagi dan terus meningkatkan pelayanan kesehatan. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita