oleh

Program Sambungan Air Minum Murah di Musi Rawas Overload

LINGGAU POS ONLINE- Program sambungan air minum murah pada unit pelaksana teknis sistem pengelolaan air minum Kabupaten Musi Rawas (Mura), telah overload. Karena, program yang dilaksanakan oleh Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kabupaten Mura, berdasarkan Keputusan Bupati Mura Nomor 376/KPTS/DPUCKTRP/2019 telah melampaui target yang sudah ditetapkan.

Sebab, ditargetkan hanya 750 sambungan rumah murah sepanjang 2019 ini. Namun, akhir Oktober jumlah pengajuan sambungan rumah murah sudah 825 pelanggan. Demikian disampaikan kepala BLUD SPAM Mura, Agus Hilman, Selasa (3/12).

Agus menjelaskan, meskipun telah overload. Namun, seluruh pengajuan sambungan rumah murah ini direalisasikan oleh BLUD SPAM Mura, melalui tim teknis di lapangan melalui kebijakan yang tidak memberatkan tim teknis maupun pelanggan.

“Biaya sambungan rumah murah Rp285 ribu per sambungan, dan ini program daerah berdasarkan surat keputusan dari Bupati Mura H Hendra Gunawan,” jelasnya.

Selain itu, ada program sambungan gratis untuk 1.750 pelanggan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, dan pengerjaannya dilakukan oleh pihak ketiga. Tapi, pelaksanaan pengerjaannya tetap dilakukan oleh BLUD SPAM Mura. Realisasi sudah sekitar 1.000 pelanggan.

“Biaya sambungan memang gratis. Namun, standar pipa dinas. Artinya, kalau jangkauan sambungan melampaui standar yang sudah ditetapkan, pengaju pemasangan tadi harus membeli pipa sendiri. Jadi, ini harus dipahami oleh pelanggan, jangan sampai salah persepsi terhadap program ini,” ujarnya.

Laporan Aan Sangkutiar

Rekomendasi Berita