oleh

Program Rastra Diwacanakan Dihapus

Diganti dengan Program Bansos

LINGGAU POS ONLINE, TABA PINGIN – Kepala Bulog Divre III Lubuklinggau, Yonas Hariadi mengungkapkan tahun 2018 pemerintah mengeluarkan wacana, subsidi harga beras melalui program beras sejahtera (Rastra) akan dihapus. Namun, program ini akan diganti dengan program bantuan sosial.

“Artinya, subsidi untuk beras Rastra akan dihapus. Tidak ada lagi beras dengan harga Rp 1.600 per Kilogram (Kg). Namun kedepan, akan diberikan secara gratis oleh pemerintah untuk masyarakat kurang mampu. Hanya saja jatah diberikan terbatas, hanya 10 Kg per keluarga. Bansos juga, hanya diberikan sebanyak empat kali dalam satu tahun,” jelas Yonas, Selasa (2/1).

Program penyaluran bantuan untuk rakyat kecil, memang terus menjadi perhatian pemerintah. Berbagai macam program telah dilakukan seperti Rastra, bantuan pangan dan sebagainya. Tahun 2017 pemerintah berhasil menyalurkan bantuannya kepada 15,9 juta keluarga penerima bantuan. 1,2 juta keluarga sudah terkonversi menjadi penerima bantuan pangan dan 14,7 juta keluarga menerima bantuan Rastra.

“Dengan dialihkannya Rastra menjadi Bansos, maka masyarakat tidak perlu lagi membayar untuk mendapatkan beras,” ungkapnya.

Sementara tahun 2018, dari 15,9 juta keluarga penerima bantuan, pemerintah menargetkan sebanyak 10 juta penerima akan terkonversi sebagai penerima Rastra yang diganti menjadi penerima Bansos. Termasuk di dalamnya, warga Kota Lubuklinggau yang berhak menerima bantuan ini.

“Rencana kerja pemerintah tahun 2018, penerima Bansos menjadi 10 juta penerima bantuan, yang dilakukan secara bertahap. Demi melancarkan terlaksananya wacana ini, ia akan memastikan kesiapan seluruh level pemerintahan mulai dari RT/RW hingga Kelurahan,” tutupnya. (CW01)

Komentar

Rekomendasi Berita