oleh

Program ‘Jempol’ Pikat Hati Kemendagri

Bupati Terima Penghargaan IGA 2017

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan, karena Senin, 18 Desember 2017 bertempat di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jakarta akan menerima Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif atau Innovative Government Award (IGA).

Penghargaan ini, diserahkan langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI. Kepastian penerimaan penghargaan Bupati Musi Rawas ini berdasarkan surat yang dikirimkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Banlitbang) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, yang ditandatangani oleh Plt Kepala Litbang Kemendagri, Drs Dodi Riyadmadji, MM.

Dalam penerimaan penghargaan ini, Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan langsung didampingi oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sudah menciptakan inovasi-inovasi sesuai dengan pemaparan di hadapan Panelis yang dilaksanakan pada 31 Oktober 2017 di The Acacia Hotel, Jakarta lalu.

Hendra Gunawan sendiri, melakukan inovasi dibidang pemerintahan dan pelayanan public, seperti program dengan tagline “Jempol” atau kependekan dari program jemput bola administrasi kependudukan, inovasi pilkades serentak dengan sistem elektronik voting (e-Voting) yang dilaksanakan secara berkelanjutan dan menjadi pioner di pulau Sumatera.

Sementara untuk bidang kesehatan ada inovasi jamban sehat, yang juga sudah mendapatkan award dari media “Kompas Gramedia”. Selanjutnya inovasi dibidang keagamaan ada program Mura Sempurna Cinta Alquan, Memakmurkan Masjid, Gemar Bersodaqoh dan penerapan Kurikulum Darussalam di sekolah.

Bahkan inovasi daerah lainnya sesuai dengan kewenangan daerah yaitu inovasi kampung hijau, meliputi padi organik, kampung manis dan Gerakan Tanam (Gertam) cabai. Kemudian inovasi dibidang kewirausahaan dan UKM dengan unggulan program Rumah Lele dan Kopi Selangit.

Setelah melaksanakan paparan, selanjutnya Kamis, 23 November 2017, tim IGA 2017 yang diketuai oleh DR Dra Rochayati Basra M.Pd satu hari penuh meninjau dan menilai inovasi-inovasi yang telah diterapkan di daerah ini yang mengaju pada paparan Bupati Musi Rawas sebelumnya.

H Hendra Gunawan mengatakan kepada Linggau Pos, Minggu (16/12) berharap dengan prestasi yang diterimanya ini dapat menambah motivasi di dalam memajukan daerah dan memunculkan inovasi-inovasi lainnya di daerah ini.

“Penghargaan ini merupakan salah satu pengakuan dari Pemerintah Pusat atas Inovasi yang di terapkan di Daerah, karena hanya ada 10 Kabupaten, 10 Walikota dan 3 Gubernur yang menjadi Nominasi IGA 2017,” kata Hendra Gunawan.

Meskipun Kabupaten Musi Rawas ini berkategori tertinggal, lanjut Suami Hj Noviar Marlina Gunawan dengan semangat AK5, Iklas, Sabar serta di dukung oleh seluruh lapisan masyarakat, dirinya percaya bahwa daerah ini akan lepas dari status tertinggal dan tetap berprestasi.

Malam Penghargaan Pemerintah Daerah Inovatif ini diikuti oleh 10 Kepala Daerah, 10 Walikota dan 3 Gubernur yang masuk dalam nominasi IGA 2017 diantaranya Bupati Musi Rawas, Bupati Gresik, Bupati Bogor, Bupati Madiun, Bupati Boyolali, Bupati Malang, Bupati Lebak, Bupati Sleman, Bupati Pingrang dan Bupati Bantaeng.

Sementara untuk Walikota diantaranya Walikota Surabaya, Walikota Tanggerang Selatan, Walikota Bontang, Walikota Magelang, Walikota Surakarta, Walikota Yogjakarta, Walikota Makasar, Walikota Probolinggo, Walikota Sawahlunto dan Walikota Pontianak. Untuk kategori Gubernur Inovatif diantaranya Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Jawa Barat.(12/Rls)

Komentar

Rekomendasi Berita