oleh

Program Akrab dan Alim Dituntaskan

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Musi Rawas, menargetkan tahun 2018 ini, dua program andalan sedang giat-giatnya dilakukan siap dituntaskan. Dua program itu berupa Aksi Rabu Bina Desa (Akrab Desa) dan Aksi Uhat Monitoring Desa (Alim Desa).

Targetnya tuntas dilaksanakan di 186 desa dalam Kabupaten Musi Rawas. Hingga sejauh ini, Akrab Desa sudah menyasar 56 desa, sedangkan Alim Desa telah menyasar 24 desa. Di mana program tersebut dilaksanakan masing-masing satu kali dalam seminggu.

Kepala DPMD Kabupaten Musi Rawas, H Mefta Jhoni mengatakan, program tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pembinaan bagi aparatur desa dalam rangka meningkatkan kapasitas aparatur desa dan juga upaya pemberdayaan desa.

“Kalau Akrab Desa ini dilakukan setiap Rabu dan untuk Alim Desa dilaksanakan pada hari Jumat. Kegiatan ini rutin dikerjakan,” kata Mefta Jhoni saat diwawancarai Linggau Pos, Rabu (25/4).

Mefta Jhoni menyampaikan selain dari pada itu program tersebut memastikan dan melihat langsung realisasi pengalokasian Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Dengan kunjungan ke desa tentunya bisa saling bertukar informasi, sebab Kades menjadi ujung tombak bupati dalam pembangunan desa. Karena melihat semangat dari seluruh perangkat desa, sehingga kedepan lebih maju lagi dalam bekerja,” ungkapnya.

Terlepas dari itu. pihaknya fokus untuk melakukan pengawalan dana desa agar sesuai peruntukannya.

“DPMD Musi Rawas fokus mengawal dana desa agar sesuai peruntukan. Intinya semua tahapan atau proses sesuai aturan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam upaya mengentaskan kemiskinan. Selain itu tentunya menuju terbangunnya pemberdayaan masyarakat dalam membangun desa sesuai kebijakan pemerintah,” paparnya.(11)

Rekomendasi Berita