oleh

Prof Mahyuddin Mantan Gubernur Sumsel Meninggal Dunia

LINGGAUPOS.CO.ID – Pemprov Sumsel dan Unsri berduka. Mantan Plt Gubernur Sumsel Prof dr H Mahyuddin NS SPOG meninggal dunia dalam perawatan di RSUP Muhammad Hoesin (RSMH), Palembang, Kamis (8/4/2021) pukul 23.45 WIB.

Mantan Pembantu Rektor IV Unsri ini meninggal dalam usia 74 tahun dan meninggalkan seorang istri (Halipah Mahyuddin), tiga anak, dan lima cucu. Yakni Dr M Taufik Roseno, Dr Yudha Pratomo, dan dr Anggia Primasari.

Salah satu kerabat Mahyuddin, Agus Srimuddin mengatakan bahwa almarhum sebelum dirawat di RSMH, sempat menjalani perawatan di RS Bunda selama sepekan. Karena kondisinya kurang membaik, makanya dirujuk ke RSMH.

“Sakit tua beliau (almarhum),” kata Agus Srimuddin, dikutip dari sumeks.co, Jumat (9/4/2021).

Dikatakannya, jenazah almarhum langsung dimakamkan di TPU Kebun Bunga pada dini hari tadi. Keluarga pun langsung menggelar takziah di rumah duka Jl Enim. “Kami sekarang lagi takziah,” ujarnya.

Sebelum menjadi Gubernur, Mahyuddin menjabat Pembantu Rektor IV Unsri semasa rektor Zainal Ridho Jafar di awal tahun 2000-an. Pada 2003, Mahyuddin bersama Syahrial Oesman mencalonkan diri sebagai kepala daerah menantang pasangan incumbent Rosihan Arsyad yang saat itu berpasangan dengan Rajab Semendawai.

Saat itu pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Dalam pemilihan perwakilan tersebut pasangan Syahrial Oesman-Mahyuddin meraih 38 suara. Sedangkan Rosihan Arsyad meraih 37 suara. Selisih satu suara.

Karena selisih satu suara, pasangan Rosihan Arsyad-Rajab Semendawai menggugat ke pemerintah pusat. Selama beberapa bulan terjadi polemik, sebelum akhirnya pemerintah mengesahkan pasangan Syahrial Oesman-Mahyuddin.

Lima tahun berpasangan, pada 2008 Syahrial Oesman mencalon gubernur untuk periode kedua dan menggandeng Helmi Yahya. Saat itu kepala daerah yang mencalon untuk periode kedua, harus mengundurkan diri. Mahyuddin pun menjadi Plt Gubernur Sumsel pada awal 2008 sampai berakhirnya masa jabatan Syahrial Oesman.

Setahun kemudian, Mahyuddin mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI melalui Partai Demokrat dan terpilih pada 2009. (*)

Sumber: sumeks.co

Rekomendasi Berita