oleh

Produksi Susu Segar Capai 200 Liter

CURUP – Produksi susu segar yang dihasilkan dua kelompok ternak yakni di Desa Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR) dan Desa Mojorejo Kecamatan Selupu Rejang per harinya mencapai 200 liter.

“Kalau produksinya sehari bisa sampai 200 liter,” kata Plt Kepala Bidang Peternakan, drh Firi Asdianto.

Dijelaskan Firi, untuk penjualan produksi susu segar tersebut saat ini masih dibawah naungan koperasi. Hanya saja, produksi susu segar yang ditampung koperasi terbatas sehingga pihaknya membuka peluang pada masyarakat untuk usaha penjualan susu segar.

Kalangan masyarakat, kata Firi, yang ingin menjual susu segar ini nantinya bisa diberi fasilitas atau pinjam pakai alat untuk penyimpanan susu agar tidak rusak.

“Nanti dipinjam pakaikan, kalau nanti tidak produktif alatnya bisa diambil lagi dan dialihkan ke yang lain,” papar Firi.

Firi juga menambahkan, pihaknya juga berencana untuk bekerja sama dengan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk pemasaran susu segar.

“Nanti setiap harinya bisa dipasarkan ke sekolah, sebab salah satu sasaran konsumsi susu segar ini usia kalangan pelajar,” katanya.

Menurut Firi, susu segar yang dihasilkan kelompok ternak ini sifatnya murni sehingga baik untuk kesehatan anak.

“Selain ke koperasi, konsumen yang mau membeli juga bisa langsung ke peternaknya,” imbuhnya.

Saat ini, tambah Firi, pemasaran susu sapi segar masih berada di lingkungan Rejang Lebong, meski sudah konsumennya sudah ada yang merambah ke kabupaten tetangga seperti Kepahiang, Bengkulu hingga ke Lubuklinggau. (sam)

Rekomendasi Berita