oleh

Produksi Gas Mura Terpaksa Diturunkan

Catatan Workshop Pertamina EP Asset I dan 2

General Manager PT Pertamina EP Asset 2, Pujianto menjelaskan produksi gas di Kabupaten Musi Rawas (Mura) setiap tahun diturunkan. Padahal produksinya saat ini mencapai 100 persen.

Laporan Endang Kusmadi, Bandung

LINGGAU POS ONLINE – Kami berkesempatan mengikuti Edukasi dan Workshop Penyegaran Wartawan Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) serta Mitra Legal & Relations (L&R) Pertamina Asset 1 dan 2, pada 3-5 Juli 2019.

Pada acara yang dihelat di Novotel Bandung itu, kepada Linggau Pos, Pujianto menjelaskan Mura kaya akan gas.

“Produksinya bagus bahkan saat ini mencapai 100 persen dari kekuatan produksi,” tutur Pujianto.

Hanya saja diakuinya, produksi gas setiap tahun harus diturunkan. Di Musi Rawas saat ini ada dua sumur masing-masing 50 Million Standard Cubic Feet Per Day (MMSCFD) dan 80 MMSCFD.

“Tahun depan harus diturunkan, tidak lagi 50 dan 80. Misal yang 50 menjadi 40 dan yang 80 menjadi 50,” imbuhnya.

Hal ini menurutnya terjadi karena persoalan tekanan dari reservoir (tempat terkumpulnya gas di dalam tanah).

“Karena setiap tahun tekanannya berkurang, maka produksi tentu akan berkurang. Makanya targetnya juga diturunkan,” jelasnya.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa pergantian pipa tidak bisa dilakukan dengan cepat. Karena berkaitan dengan berbagai macam problem.

Salah satunya sistem penganggaran, yakni dianggarkan setahun sebelumnya.

“Misal kebocoran saat ini. Baru bisa diganti pipanya tahun depan karena harus dianggarkan dahulu. Sehingga yang dilakukan hanya perbaikan,” jelasnya.

Sementara pipa ditambahkan Pujianto setiap tahun mengalami korosi.

Kondisi inilah yang katanya kadang menjadi berbenturan dengan masyarakat.

“Makanya kami meminta juga peran media untuk mengedukasi dan menyampaikan informasi yang berimbang kepada masyarakat,” katanya.

Pertamina ditambahkannya, tidak bisa sendiri. Harus melibatkan stakeholder yang ada. Yakni Pemkab, TNI, Polri masyarakat dan media.

Senior Manager Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran dalam sambutannya berharap kegiatan bisa meningkatkan kapasitas jurnalis.

“Semoga memunculkan ide terbaik bagi media, Pertamina dan SKK Migas,” jelasnya.(*)

Rekomendasi Berita