oleh

Prioritaskan Pembangunan Sarana Kelurahan

LURAH KEPUTRAAAN – Pemerintah Kelurahan Keputraan Kecamatan Lubuklinggau Barat II belum banyak menyusun program yang akan dikerjakan 2019.

Semua program kegiatan yang akan dijalankan fokus pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.130 Tahun 2018 tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan.

Permendagri tersebut menjadi pedoman pengelolaan kegiatan yang bersumber dari dana kelurahan untuk tahun anggaran 2019.

Dalam mekanisme penganggarannya Pemerintah Kota (Pemkot) mengalokasikan anggaran dalam APBD kota untuk pembangunan sarana dan prasarana serta pemberdayaan masyarakat yang ada di kelurahan.

Lurah Keputraan Kecamatan Lubuklinggau Barat II, Hendri mengaku belum merapatkan masalah dana kelurahan tentang program yang ingin dijadikan skala utama. Saat ini pihaknya baru melakukan penyusunan tahap pelaksanaan petunjuk teknis kegiatan dana kelurahan dari Satuan Kerja (Satker) Kecamatan.

Setelah ada penentuan dari kecamatan, kegiatan pembangunan prasarana dan prasarana kelurahan serta pemberdayaan masyarakat baru akan dijalankan. Namun sebelumnya pihak Kelurahan Keputraan akan melakukan musyawarah dengan mengundang masyarakat, Ketua RT, LPM, ketua adat. Tujuannya untuk mengetahui mana prioritas pembangunan yang akan diutamakan.

Menurutnya program pembangunan fisik di Kelurahan Keputraan masih banyak yang ingin diperbaiki. Semua tak lepas dari permintaan masyarakat yang ada di 9 RT Kelurahan Keputraan.

Ditambahkannya, program yang telah jalankan selama ini hanya bantuan dari pemerintah melalui APBD untuk pembangunan fisik. Seperti pembangunan jalan setapak, siring dan jaringan listrik.

Hendri mengaku adanya dana kelurahan nantinya akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan warga. Karena dana tersebut merupakan dana pemerintah untuk kegiatan hasil musyawarah. (adi)

Rekomendasi Berita