oleh

Prioritaskan Pembangunan Bagi Masyarakat

Lurah Lubuklinggau Ulu Serlizah Maharani
“Rencananya akan ada program bedah rumah bantuan dari Dinas Perkim. Nantinya apabila masih ada rumah warga yang harus dibedah akan dibantu melalui dana kelurahan….”

LUBUKLINGGAU ULU – Adanya dana kelurahan yang dikucurkan pemerintah pusat akan membantu program pembangunan di daerah.

Sejumlah kelurahan di Kota Lubuklinggau saat ini mulai menyusun program prioritas penggunaan dana tersebut.

Seperti halnya Kelurahan Lubuklinggau Ulu, Kecamatan Lubuklinggau Barat II telah menggelar rapat pembahasan prioritas penggunaan dana tersebut.

Lurah Lubuklinggau Ulu, Serlizah Maharani menjelaskan, rapat dihadiri Ketua RT, LPM, PKK , Ketua Adat dan Karang Taruna. Hasil rapat rencana dana kelurahan tersebut diantaranya akan digunakan untuk membangun sarana kantor.

Seperti pembangunan gedung khusus PKK. Dengan adanya ruang PKK diharapkan nantinya banyak kegiatan yang akan dilakukan di Kelurahan Lubuklinggau Ulu. Sebab menurutnya kerja sukses dari kelurahan dan pemerintahan karena adanya program PKK.

Di bidang pariwisata, Kelurahan Lubuklinggau Ulu dibantu Dinas Perkim akan memperbaiki Wisata Kampung Warna Warni. Diantaranya pengecatan kembali tembok-tembok yang sudah buram, membuat jembatan kaca, playing fox, dan arung jeram.

“Tapi semua program harus dirangkul oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar Kampung Warna Warni ini lebih berkembang. Dengan adanya wisata ini nanti juga turut membantu pendapatan masyarakat yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Program lainnya dibidang fisik pihak kelurahan akan membangun sarana kebersihan. Kemudian untuk kegiatan kepemudaan lebih mengaktifkan event olahraga.

Ditambahkan Serlizah, untuk Kelurahan Lubuklinggau Ulu rencananya akan ada program bedah rumah bantuan dari Dinas Perkim. Nantinya apabila masih ada rumah warga yang harus dibedah akan dibantu melalui dana kelurahan.

“Tapi tidak sepenuhnya seperti perbaiki atap rumah yang bocor saja,” ucapnya.

Mengenai program yang sudah berjalan saat ini, Serlizah mengaku kegiatan yang sifatnya mendapat bantuan dari OPD di Kota Lubuklinggau.

Misalnya Disperindag telah membantu kegiatan UKM seperti pembuatan sarana kemplang bakar dan kue bongkor.

Lalu Dinas Perkim pembuatan pariwisata Kampung Warna Warni lampu jalan.

Selanjutnya DPU Kota Lubuklinggau membantu pembangunan talut dan pagar TPU. Kemudian Dinkes membantu program kerja PKK mengadakan kampung KB, dan Posyandu.

Serlizah mengaku, selama ini Kelurahan Lubuklinggau Ulu telah mendapatkan banyak penghargaan. Diantaranya Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2017 tingkat provinsi, dan akan mengikuti lomba BBGRM tingkat nasional.

Kelurahan Lubuklinggau Ulu berhak mengikuti lomba BBGRM tingkat nasional karena sering mengadakan gotong royong dan pola hidup sehat.

“Hanya Kelurahan Lubuklinggau Ulu terpilih karena dahulunya dijuluki kampung kumuh dan sekarang berubah menjadi kampung wisata,” terangnya. (adi)

Rekomendasi Berita