oleh

Prioritaskan Empat Pembangunan

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Pasca dilakukan pembahasan bersama oleh Badan  DPRD Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Muratara, menggelar rapat paripurna, Rabu (29/11).

Rapat itu diadakan dalam rangka mendengarkan penyampaian dan penjelasan Nota Keuangan dan Raperda tentang APBD Kabupaten Muratara anggaran tahun 2018.

Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat menyampaikan ada empat prioritas pembangunan 2018 nanti. Yakni peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur pendidikan, peningkatan kesehatan masyarakat melalui optimalisasi peningkatan SDM dan sarana prasarana kesehatan,  peningkatan infrastruktur dasar terutama konektivitas dan sarana air bersih, serta peningkatan infrastruktur berwawasan lingkungan yang mendukung kegiatan bisnis, industri dan jasa secara terpadu.

Kondisi dan kebijakan Anggaran dan pendapatan di mana Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018 meningkat sebesar 2 %, dana perimbangan meningkat sebesar 0,16 %, dan pendapatan lainnya yang sah meningkat sebesar 0,26 %.

“Kontribusi pendapatan daerah masih didominasi dari pendapatan dana perimbangan yaitu dana bagi hasil pajak/bukan pajak, dana alokasi umum, serta dana alokasi khusus yakni 0,16  % dari seluruh pendapatan daerah,” sebutnya.

Selanjutnya, untuk program kegiatan, yakni uang mengikuti program atau  money follow program.

Sementara itu,  Ketua DPRD Kabupaten Muratara, Efriansyah mengatakan memang ada peningkatan pendapatan daerah yang bersumber dari DAK, untuk itu pihaknya mengapresiasi atas kinerja pihak eksekutif. Semoga terus terjadi peningkatan.

“Harapnya program kedepan tetap sasaran, atau menyentuh masyarakat di mana memang dibutuhkan oleh masyarakat kita,” kata dia.(07)

Komentar

Rekomendasi Berita