oleh

Pramuka Bentuk Siswa Sebagai Karakter Mulia

LINGGAU POS ONLINE, SIMPANG SEMAMBANG – Setidaknya ada 70 anggota Pramuka SMP N Simpang Semambang terdiri dari 42 putri dan 28 putra. ekstrakulikuler di Sekolah Favorit Simpang Semambang ini memiliki nama team Beruang untuk regu Putri dan Musang untuk regu Putra.

Kepala Sekolah SMP N Simpang Semambang, Suhardiman, S.Pd mengungkapkan bahwa ekstrakulikuler ini sebagai bentuk menumbuhkan karakter mulia siswa.

“Eksul Pramuka kita sudah berdiri sejak tahun 2007. Dan kita memiliki sebanyak 70 anggota di mana nomor gugus depan untuk putra adalah 12-997 dan untuk putri 12-978,” ungkap Suhardiman.

Pramuka SMPN Simpang Semambang ini pernah mengikuti lomba di tingkat kecamatan dan kabupaten, dan memenangkan beberapa juara.

“Kita sempat menang juara 1 Prata Putri, Juara 3 Prata Putra tahun 2016 di komplek Babussalam, dan juara 2 Penggalang Putri tahun 2012 di SMK PGRI Air Beliti,” imbuh pria kelahiran 1969 ini.

Dalam pelatihan Pramuka, Ekstrakulikuler Pramuka SMPN Simpang Semambang ini mempelajari tentang sejarah berdirinya Pramuka, sandi-sandi, pionering, smartphone dan masih banyak kegiatan lainnya. Sebagai Kepala SMPN Simpang Semambang, Suhardiman memberikan sedikit tips agar Pramuka semakin diminati oleh pelajar.

“Sering mengikuti setiap kegiatan seperti lomba-lomba, memberikan referensi kepada siswa bahwa orang-orang berhasil dan sukses adalah merupakan modal bagi mereka yang mengikuti kegiatan Pramuka sewaktu di bangku pendidikan,” jelas Suhardiman.

Pria yang memiliki moto orang yang baik adalah orang bermanfaat bagi sesama ini berpesan agar jangan jadikan Pramuka untuk sekedar mencari nama. Akan tetapi pahami, resapi dan terapkan serta amalkan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari dengan demikian akan terbentuk generasi penerus bangsa yang berkarakter mulia.

Untuk diketahui bahwa, kegiatan Pramuka merupakan kegiatan Ekstrakurikuler wajib yang dilaksanakan berdasarkan amanah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 63 Tahun 2014 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.(18)

Komentar

Rekomendasi Berita