oleh

Pramuka Adventure Peduli Lingkungan

PRAMUKA Adventure salah satu ekstrakulikuler di luar sekolah terdiri dari berbagai SMA dan SMK. Terbentuk sejak 17 Agustus 2018, di bawah pimpinan Krisdianto, dengan anggota berjumlah 27 siswa-siswi dari SMAN 3 Model Lubuklinggau, SMKN 3 Lubuklinggau, SMAN 5 Model Lubuklinggau, dan SMAN 1 Model Lubuklinggau dari kelas X, Xl, dan Xll. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Pramuka Adventure, ayo berbagi cerita bersama Krisdianto, Ketua Pramuka Adventure.

Sistem latihannya bagaimana sih?

“Kami bukan organisasi yang lingkup dalam sekolah tapi kami di luar sekolah dari beberapa sekolah, Pramuka Adventure ini ialah Pramuka yang suka bermain misalnya mendaki bukit, gunung, meneliti hutan, travelling, dan ke tempat wisata. Sistemnya di sini kami pertemuannya tidak tertentu jika ada waktu yang pas kami bisa kumpul dan ada suatu target yang untuk di kunjungan. Kami di sini saling menghormati dari sekolah yang berbada menciptakan tali silaturahmi Pramuka beda pangkalan,” tegas Krisdianto, ketua Pramuka Adventure.

Wadahnya seperti apa?

“Wadahnya sangat cocok sekali dengan pelajar karena Pramuka bisa mengajarkan siswa untuk menciptakan tali persaudaraan antar pangkalan, dan kita bisa tahu arti dari kebersamaan serta saling menghargai,” jelasnya.

Manfaatnya apa sih?

“Manfaatnya kita bisa berbaur dengan sekolah yang lain, kita bisa berbagi cerita, kita bisa berbagi pengelaman, bisa tahu apa rasa kebersamaan, bisa tahu bagaimana berbeda pangkalan, dan kita belajar disiplin dalam hal apapun serta kita bisa mandiri,” ungkapnya.

Sering kumpul?

“Kalau kumpul sering walaupun tidak lengkap, kami sering kumpul di Teh Tarik di depan Polres Lubuklinggau untuk berbagi cerita dan membuat suasana menjadi ceria walaupun lagi banyak masalah,” ujarnya.

Gimana rasanya ikut Pramuka Adventure ini?

“Ya pertama kita malu-malu dan canggung dengan anak Pramuka yang beda sekolah, lama kelamaan jadi terbiasa dan mulai akrab terus jadi enak saat lagi bergabung sampai lupa waktu akhirnya, ya pertama sih sombong ya mungkin belum kenal eh sudah tahu sifatnya ternyata enak juga ya seru dan asyik orang he…he,” tambahannya.

Apa saja yang didapatkan dari Pramuka Adventure ini?

“Yang didapatkan kita belajar dari yang namanya berbeda tetapi tetap satu nama yaitu Pramuka, kita bisa mengenal alam bahwasanya alam itu asyik untuk tempat bermain dan mencari ilmu, dan kita mendapatkan ilmu mengenal alam sekitar serta mendapatkan banyak teman tentunya,” tutupnya, (s4)

Rekomendasi Berita