oleh

PPS Emban Lima Tugas

LINGGAU POS ONLINE, RUPIT – 267 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di 82 desa dan 7 kelurahan dilantik oleh KPU Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Pelantikan itu berlangsung di Aula Siti Rahma Rumah Makan Sederhana, Kelurahan Muara Rupit, Jumat (10/11). Dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Muratara, Agus Mariyanto selain memberikan ucapan selamat, dirinya memberikan lima pesan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh anggota PPS.

“Lima pesan yang kita sampaikan dan seyogianya dapat ditaati oleh seluruh anggota PPS,” ucapnya kemarin.

Kelima pesan tersebut, pertama jaga soliditas dan integritas sesama petugas PPS, sebagai kunci ringannya sebuah tugas  yang akan diemban PPS di lapangan.

Kedua, memahami serta mentaati semua aturan dan Perundang-undangan yang ada terkait semua tahapan dalam Pilgub tahun 2018. Ketiga, menguasai alat kerja di lapangan, seperti menguasai blangko-blangko dan formulir yang akan digunakan. Seperti blangko-blangko yang berkaitan dengan PPDP, perekapan surat suara dan lain sebagainya. Dan keempat dan yang kelima, jaga kesehatan dan jangan dulu sakit.

“Pesan keempat dan kelima ini yang  penting, mengingat anggota PPS di setiap desa dan kelurahan hanya bertiga jadi jaga kesehatan dan jangan dulu sakit, karena tugas-tugas kebangsaan sedang berada di pundak mereka,” ungkap Agus Mariyanto.

Ia menambahkan dalam melaksanakan tugas, PPS harus berkoordinasi, berkomunikasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Untuk hierarki silakanlah PPS berkomunikasi dan berkoordinasi dengan PPK, begitu selanjutnya nantinya PPK yang akan menyampaikan kepada kami selaku Komisioner KPU Kabupaten Muratara,” jelasnya.

Pasca dilaksanakannya pelantikan, selanjutnya para anggota menerima pembekalan yang berkaitan dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) PPS yang diberikan Komisioner KPU Kabupaten Muratara. (07)

Komentar

Rekomendasi Berita