oleh

PPK Temukan Dukungan Masyarakat yang Meninggal Dunia

Dalam Verifikasi Paslon Perseorangan

“Ini bukan kejadian yang luar biasa, karena setiap yang bernyawa pasti akan mati,” kata ketua PPK Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius.

LINGGAU POS ONLINE, ULAK LEBAR – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Barat II, sedang memverifikasi faktual dukungan pada pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari jalur perseorangan atas nama H Toyeb Rakembang-Sofian. Hasil verifikasi sementara, ditemukan ada dukungan dari masyarakat yang sudah meninggal dunia, hal itu dikatakan ketua PPK Lubuklinggau Barat II, Evrie Antonius.

Tapi, hal itu dapat dimakluminya karena proses pengumpulan dukungan yang dilakukan Pasangan Calon (Paslon) perseorangan tersebut memakan waktu lama. Jadi, bisa saja setelah memberikan dukungan yang bersangkutan meninggal dunia.

“Ini bukan kejadian yang luar biasa, karena setiap yang bernyawa pasti akan mati,” kata Evrie Antonius.

Meskipun demikian, dilanjutkan Anton otomatis dukungan dari masyarakat yang sudah meninggal dunia akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sama dengan masyarakat yang menyatakan tidak mendukung.

“Mengenai berapa jumlah dukungan yang TMS, akan diketahui ketika seluruh PPS sudah melakukan rapat pleno, dan kita masih menunggu itu. Dan kita sudah menekankan kepada PPS untuk menyerahkan hasil verifikasi faktual tersebut pada 23 Desember mendatang, karena pada 25 Desember hasil verifikasi tersebut harus sudah di KPU,” jelasnya.

Untuk diketahui, berkas yang difaktualkan di Kecamatan Lubuklinggau Barat II ada, berjumlah 1.112. Dengan rincian, Kelurahan Bandung Kanan 27 dukungan, Keputraan 93 dukungan, Lubuklinggau Ilir 106 dukungan, Lubuklinggau Ulu 186 dukungan, Pasar Pemiri 99 dukungan, Sidorejo 229 dukungan, Tapak Lebar 77 dukungan dan Ulak Lebar 295 dukungan.

Hal yang sama, dilakukan PPK Lubuklinggau Selatan I, saat ini mereka tengah melakukan verifikasi faktual Paslon perseorangan.

Ketua PPK Lubuklinggau Selatan I, Rizal Iswandi melalui Divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Edi Juarsa meyakini kalau verifikasi tersebut akan selesai tepat waktu, yakni pada 25 Desember sudah sampai di KPU Lubuklinggau.

“Insya Allah akan selesai tepat waktu, dan saat ini PPS sedang melakukan tugasnya mereka,” jelasnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita