oleh

PPK-PPS Harus Netral

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Pasca dilantik PPK dan PPS memiliki beberapa tugas, salah satunya dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi faktual untuk calon perseorangan dan juga saat ini sedang membuat sekretariat.

Penegasan ini dikatakan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, Mobius Alhazan. Untuk PPK, Mobius menyebutkan, SK langsung dari Bupati sedangkan PPS dari Kades.
“PPK dan PPS saat ini sedang membuat sekretariat, yang mana untuk PPK anggotanya tiga orang harus berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), sedangkan PPS belum PNS atau non PNS,” kata Mobius, Rabu (22/11).

Dikatakannya, untuk PPK dan PPS yang mana merupakan panitia pelaksana pemilihan kepala daerah (Pilkada), harus bersikap netral.

“Tentu mereka harus bersikap netral. Kalau masalah pilihan pribadi itu sah-sah saja, namun kalau kampanye dan sebagai tim sukses jelas itu menyalahi aturan. Jika ada bukti PPK dan PPS tidak netral, silakan saja laporkan beserta buktinya,” jelasnya.

Lebih jauh, Mobius menjelaskan, untuk pendaftaran calon dari perseorangan dimulai dari 25 November hingga 29 November 2017. Sedangkan dari parpol pada Januari.

“Meskipun sudah mendaftar di bulan November ini calon dari perseorangan setelah dilakukan verifikasi faktual, masih harus mendaftar lagi di bulan Januari nantinya,” tegas dia. (04)

Komentar

Rekomendasi Berita