oleh

PPK Lubuklinggau Selatan I Bimtek Anggota KPPS

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Demi menyukseskan Pilkada serentak 2018, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Selatan I, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penghitungan suara ke anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Kegiatan itu dilaksanakan di ruang rapat Kantor Camat Lubuklinggau Selatan I, Rabu(13/6), dengan peserta masing-masing tiga orang anggota KPPS per TPS.

Mengingat ruangan yang kurang memadai, maka Bimtek dilakukan selama dua hari, yakni Jumat (22/3) pukul 13.00 WIB sampai selesai diikuti anggota KPPS dari Kelurahan Jukung, Air Kati dan Lubuk Kupang. Esok harinya, Sabtu (23/6) pukul 13.00 WIB sampai selesai diikuti anggota KPPS dari Kelurahan Air Temam, Perumnas Rahma, Rahma dan Lubuk Binjai.

Ketua PPK Lubuklinggau Selatan I, Rizal Iswandi mengatakan tujuan dilakukannya Bimtek agar anggota KPPS bekerja sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Dalam peraturan tersebut sudah dijelaskan mengenai tata cara pemungutan, penghitungan, serta rekapitulasi hasil perolehan suara Pilkada serentak 2018, yang akan dilaksanakan 27 Juni 2018.

Sehingga, metode yang digunakan dalam Bimtek mulai diskusi hingga simulasi dalam proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, serta rekapitulasi hasil perolehan suara.

Dalam simulasi proses rekapitulasi penghitungan suara, anggota KPPS dikelompokkan sesuai dengan TPS-nya masing-masing, mereka mulai melakukan penghitungan suara dan mengisi beberapa formulir yang sudah disediakan dalam buka panduan.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab mengenai tata cara penghitungan suara yang sudah dilakukan anggota KPPS. Hasilnya, beberapa anggota KPPS mengalami kekeliruan dalam proses rekapitulasi tersebut, dan anggota PPK langsung memberikan penjelasan mengenai kekeliruan itu da langsung dilakukan pembetulan.

“Saat simulasi tadi ada beberapa anggota KPPS yang keliru. Namun, setelah diberi penjelasan mereka mengeri tata cara penghitungan surat suara, dan ini merupakan bekal mereka,” kata Rizal Iswandi.

Divisi Teknis PPK Lubuklinggau Selatan I, Bambang Irwan menekankan kepada anggota KPPS untuk bekerja sesuai petunjuk dan prosedur yang sudah ditetapkan dengan tidak melakukan kesalahan sekecil apapun.

“Ketika ada kekeliruan segera dilakukan pembetulan. Jangan bawa kekeliruan itu ketingkat selanjutnya,” kata Bambang Irwan.

Untuk diketahui Bimtek yang dilakukan PPK Lubuklinggau Selatan I, dihadiri seluruh komisioner PPK Lubuklinggau Selatan I, Rizal Iswandi, Bambang Irwan, Bazigar, Aidil Adha dan Edi Juarsa. (01)

Rekomendasi Berita