oleh

PPK dan PPS ‘Ujung Tombak’ Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Penyelenggara Pemilu, dalam hal ini Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), sudah siap untuk menjalankan tugasnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018. Pasalnya, selain sudah dilantik baik PPK maupun PPS, telah mengusulkan sekretariatnya masing-masing, yakni orang-orang yang akan membantu kinerja mereka sebagai penyelenggara Pemilu, baik di tingkat kecamatan maupun kelurahan.

Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau, Debi Arianto didampingi Kasubag SDM, Hironimus Emilianus Mbeko mengatakan kalau pihaknya sudah menerima semua laporan mengenai sekretariat PPK maupun PPS.

Menurut Nimus, pengajuan sekretariat PPK diwajibkan untuk mengusulkan tiga nama bakal mengisi jabatan sekretaris, dan empat nama diusulkan jadi staf. Kemudian, nama-nama yang diusulkan oleh PPK akan diajukan ke Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, dan memang Surat Keputusan (SK) dari sekretaris dan staf PPK dikeluarkan oleh Walikota.

“Maka, kalau ada PPK yang mengusulkan satu nama untuk sekretaris dan dua nama untuk staf, dengan sangat terpaksa berkasnya kita kembalikan, karena tidak sesuai dengan Juknis yang sudah ditetapkan,” kata Nimus, Selasa (14/11).

Namun, seluruh PPK yang ada di wilayah Kota Lubuklinggau sudah memenuhi Juknis yang sudah ditetapkan. Sedangkan khusus untuk sekretariat PPS SK mereka dikeluarkan oleh Lurah. Dalam bekerja, PPS dibantu satu sekretaris dan dua staf, sama dengan PPK.

“Semoga, baik PPK maupun PPS dapat bekerja dengan baik dalam menyukseskan Pilkada, sebab suksesnya Pilkada berada di tangan mereka,” ungkapnya. (11)

Komentar

Rekomendasi Berita