oleh

PPK Barat I Bimtek Anggota PPS

Untuk Menyukseskan Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Lubuklinggau Barat I, gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Senin (11/6). Bimtek tersebut diikuti, 33 anggota PPS dengan rincian 3 orang anggota PPS per Kelurahan.

Ketua PPK Lubuklinggau Barat I, Basuki menjelaskan tujuan dilakukannya Bimtek untuk memberi pemahaman kepada para anggota PPS mengenai tugas mereka dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018.

Menurut Basuki, selesai dilakukannya pencoblosan pada 27 Juni 2018, PPS tidak lagi melakukan rapat pleno penghitungan suara, seperti yang sudah dilakukan di Pilkada sebelumnya. Hal itu berdasarkan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 tentang pemungutan dan penghitungan suara pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur, Bupati-Wakil Bupati dan Walikota-Wakil Walikota.

Namun, untuk tugas lainnya seperti pendistribusian dan monitoring logistik Pemilu ke TPS masih tugas anggota PPS. Bila ada kekurangan maupun kendala mengenai surat suara, tinta, alat pencoblosan, bilik, dan kotak suara, anggota PPS harus segera koordinasi dengan PPK, dalam menyikapi permasalahan tersebut.

“Misalnya, di salah satu TPS ada kekurangan surat suara, maka secepatnya PPS berkoordinasi dengan PPK untuk menyelesaikan permasalahan itu,” kata Basuki.

Selain itu, anggota PPS juga dibekali metode cara penghitungan dan simulasi cara pencoblosan yang akan dilakukan pada 27 Juni 2018. Karena, meskipun itu bukan tugas anggota PPS, namun mereka wajib untuk mengetahui hal itu, karena bila KPPS mengalami kendala jelas mereka akan berkoordinasi dengan PPS.

“Semuanya tugas anggota PPS dijelaskan, termasuk simulasi tentang pemilihan suara,”jelasnya.

Maka dari itu, Basuki berharap agar seluruh anggota PPS se-Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dapat bekerja dengan baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, sebagai penyelenggara pemilu tingkat kelurahan.

Untuk diketahui, Bimtek tersebut dihadiri seluruh anggota PPK Lubuklinggau Barat I, Basuki, Aidil Fikri, Dwi Ogut, Dora dan Hendri, termasuk sekretariat PPK Lubuklinggau Barat I, Ongki Pranata.(01)

Rekomendasi Berita